1.168 Prajurit Tumpas Gerombolan Bersenjata di Bone – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

1.168 Prajurit Tumpas Gerombolan Bersenjata di Bone

PENULIS : ROSDIANA SULJA

BANCE’E, RB–Operasi Lawan Insurgen (OLI) yang berlangsung tujuh hari sejak 19 September lalu mencapai puncaknya, Minggu 25 September kemarin.

Dari tiga kelompok insurjen yang mengacau masing-masing dari sektor Lappasobila pimpinan Pareman Sobila dan dari sektor Tanetelolo yang dipimpin oleh Akbaru Lolo, termasuk dari sektor Ponre-Ponre yang dikomandoi oleh Toho Ponre, berhasil dipisahkan lokalisir Kompi Tim Pertempuran (KTP) A, B dan C dari BTP Yonif 715/Mtl didukung satuan perkuatan dari kavaleri, artileri medan, artileri pertahanan udara, zeni tempur dan Satuan Bantuan Administrasi.

Sisa kekuatan kelompok insurjen yang tersisa diperkirakan kurang lebih 35 orang berkumpul dibawah pimpinan Panglima perang Topu Talita dan tokoh utama Akrutawan Longga semakin terdesak dan berlindung di pemukiman penduduk Lappa Taleje, Bance’e ( Kv. 2964).

Strategi serangan pemukiman pun disusun dengan melibatkan secara terpadu seluruh kecabangan
baik infanteri, kavaleri, arteleri medan, arteleri pertahanan udara, zeni tempur.
Berondongan arteleri pada koordinat musuh, masih mendapatkan perlawanan dari insurjen.

Seorang personel TNI yang kena tembak langsung dievakuasi dari medan tempur menggunakan helikopter dan langsung
dibawa ke rumah sakit.

Serangan yang terus menerus dari semua lini akhirnya membuat anggota insurjen tewas satu demi satu hingga akhirnya tokoh utama gerombolan bersenjata, Akrutawan takluk dan berhasil dibekuk.

“Latihan melibatkan 1.168 prajurit Kodam VII/Wirabuana terdiri 224 pers penyelenggara, 944 personel pelaku yang merupakan gabungan seluruh kecabangan TNI Angkatan Darat baik satuan tempur, satuan bantuan tempur, satuan bantuan administrasi, intelijen dan satuan teritorial dengan pasukan inti dari Yonif 715/Mtl,” terang Brigjen TNI Supartodi, Kasdam Wirabuana.

Kata Kasdam, latihan tersebut menambah kecakapan prajurit menjalankan tugas sesuai fungsi dan tugas masing-masing dalam mempertahankan NKRI.

To Top