10.763 Pemilih Belum Perekaman. Disdukcapil Bone Janji Tuntaskan – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

10.763 Pemilih Belum Perekaman. Disdukcapil Bone Janji Tuntaskan

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE–Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bone, terus menggedor perekaman Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik. Mengingat, masih ada 10.764 pemilih yang belum memiliki KTP el berdasarkan data KPU Bone.

Sekretaris Disdukcapil Bone, A Amda mengatakan, pihaknya membuka layanan Sabtu-Minggu untuk perekaman KTP el di kecamatan. “Kita akan terus berupaya menuntaskan perekaman bagi warga yang belum memiliki KTP el,” ujarnya kepada RADAR BONE, Kamis 22 November kemarin.

Amda menmbahkan, pihaknya juga menyiapkan layanan perekaman KTP el di sekolah-sekolah.”Tujuannya, memudahkan pelajar yang masuk kategori usia memilih, untuk mendapatkan KTP el,” tukasnya.

Selain itu kata Amda, pihaknya juga melakukan perekaman di hari libur (Sabtu-Minggu).

Amda mengklaim dari total 10 ribu lebih yang belum mengantongi KTP el, tersisa tujuh ribu lebih yang belum perekaman.

“Insya Allah sebelum akhir tahun kita upayakan perekaman KTP el tuntas. Ini komitmen kami seluruh aparat kasi pemerintahan dan kependudukan se Kabupaten Bone,” tukasnya.

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 10 ribu lebih pemilih di Kabupaten Bone belum mengantongi Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik. Akibatnya, KPU memperpanjang proses validasi data pemilih hingga Desember mendatang.

Pencermatan data pemilih terus dilakukan. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bone, mencatat 10 ribu lebih wajib pilih di daerah ini, belum melakukan perekaman KTP elektronik.

Sementara itu, Bawaslu Bone mendesak Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) untuk memaksimalkan pelayanan perekaman KTP elektronik.

Pasalnya dari hasil pleno DPTHP 2 beberapa hari lalu KPU Bone mengeluarkan sebanyak 10.763 pemilih yang terdaftar dalam DPT-HP yang tidak memiliki KTP elektronik.
Hal ini dianggap dapat megnghambat masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya. Karena syarat KTP elektronik tak dimiliki,

Komisioner Bawaslu Bone, Alwi SE mengatakan, lebih dari 10 ribu pemilih yang terpaksa dikeluarkan dari DPTHP2 karena tidak memiliki ktp elektronik

“Sebanyak 10.763 jiwa pemilih yang terdaftar dalam wajib pilih terpaksa dikeluarkan dari DPTHP karena tidak memiliki KTP el, inilah yang menjadi tugas penting pihak capil agar melakukan pergerakan massif untuk pelayanannya agar secepatnya bisa mendapat KTP el,” ujarnya.

Alwi juga mempertanyakan kinerja Capil yang tidak melengkapi data by name by adress pada saat pleno.
“Capil harus memaksimalakan pelayanannya agar secepatnya pemilih yang dikeluarkan karena tak punya KTP itu bisa masuk kembali,” tukasnya.

Diketahui, KPU Bone telah memplenokan DPTHP2. Jumlah wajib pilih yang terdata, mencapai 534.547 jiwa.

*

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top