231 WBP Terima Remisi, Dua Orang Langsung Bebas  – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

231 WBP Terima Remisi, Dua Orang Langsung Bebas 

RADARBONE.CO.ID–Perayaan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI yang ke-73 tahun Jumat, 17 Agustus 2018 menjadi berkah bagi warga binaan pemasyarakatan (WBP) Lapas Kelas II A Watampone. Sebanyak 231 warga binaannya mendapat pengurangan masa pidana alias remisi dari presiden RI.

Mulai dari pengurangan masa pidana 1 bulan hingga 6 bulan. Bahkan 2 orang diantaranya langsung dinyatakan bebas.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Watampone Lukman Amin SH, MH melalui Humasnya Ashar SH mengatakan 231 warga binaan yang diusulkan mendapat pengurangan masa pidana semua terkabul.

Meski besaran remisi yang diperoleh berbeda-beda. Mulai dari remisi 1 bulan sebanyak 56 orang, remisi 2 bulan sebanyak 49 orang, remisi 3 bulan sebanyak 63 orang, remisi 4 bulan sebanyak 32 orang, remisi 5 bulan 19 orang, remisi 6 bulan sebanyak 4 orang.

“Dari 231 warga binaan Lapas Watampone yang mendapat remisi, 229 orang hanya mendapat remisi sebahagian. Sementara 2 orang lainnya mendapat remisi langsung bebas. Kedua orang ini, terlibat kasus penganiayaan, satunya divonis hukuman pidana 7 bulan, satunya divonis hukuman pidana 1 tahun lebih,” jelasnya.

Lebih lanjut Ashar membeberkan bahwa dari 231 warga binaan yang mendapat remisi pada HUT Proklamasi Kemerdekaan ini, kasus pidana yang dialami itu berbeda-beda. Ada narkotika, pembunuhan, pencurian, penganiayaan termasuk pidana khusus seperti perlindungan anak.

“Untuk kasus narkotika berjumlah 73 orang, pembunuhan 57 orang, pencurian 15 orang, penganiayaan 12 orang, perlindungan anak 44 orang, lain-lain 24 orang,” bebernya.

Untuk memperoleh remisi dari presiden tidaklah mudah. Ada kriteria yang harus dipenuhi oleh warga binaan. Salah satunya adalah telah menjalani hukuman pidana selama enam bulan dan selama ditahan selalu berkelakuan baik.

“Jika itu telah terpenuhi, barulah kita usulkan untuk memperoleh remisi. Realisasi dari usulan ini ditentukan langsung oleh Kementerian Hukum dan HAM,” imbuhnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top