27 Berkas Honorer K2 Bone Ditolak Kemenpan RB – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

27 Berkas Honorer K2 Bone Ditolak Kemenpan RB

Komisi I DPRD Bone saat melakukan kunker di Kantor Kemenpan-RB di Jakarta, Senin, 15 Oktober kemarin.

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE–Kuota bagi eks tenaga honorer kategori II sebanyak 170 orang tak terpenuhi. Salah satu penyebabnya adanya dugaan kesalahan penginputan oleh pihak BKPSDM, sehingga sejumlah berkas pelamar ditolak sistem. Pendaftaran CPNS vial online telah berakhir, Senin, 15 Oktober kemarin.

Berdasarkan data yang diperoleh dari BKPSDM Kabupaten Bone, jumlah yang pelamar CPNS yang telah mendaftar secara online 1.545 orang. Ini terbagi atas pelamar jalum umum sebanyak 1.412 orang. Kemudian melalui khusus eks tenaga honorer kategori II sebanyak 133 orang. Terkhusus kuota untuk tenaga honorer ini ternyata tidak terpenuhi, atau masih minus 37 orang. Sejak awal kuota jalur khusus eks kategori II ini memang tak mencapai kuota. Bayangkan jumlah pelamar yang memasukkan berkas sebanyak 154 orang, sementara kuota yang tersedia 170 orang. Dengan demikian terjadi kekurangan kuota sebanyak 16 orang. Celakanya lagi, pada proses seleksi berlangsung, sejumlah tenaga honorer datanya tertolak oleh sistem.

Hal ini terungkap dari kunjungan kerja Komisi I DPRD Bone di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi (KemenPAN RB) di Jakarta, Senin 15 Oktober kemarin.
Wakil Ketua Komisi I DPRD Bone, H Saipullah Latif mengatakan, berdasarkan hasil konsultasi di KemenPAN RB, berkas honorer K2 tersebut ditolak oleh sistem, lantaran disinyalir adanya kesalahan penginputan di Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Bone.

“Kita akan pertanyakan ini ke BKPSDM, kenapa ada berkas teman-teman K2 yang sampai tertolak oleh sistem hanya karena diduga adanya kesalahan input di BKPSDM itu sendiri. Ini sungguh ironi,” kata Saipullah prihatin. Disebutkan Saipullah, total tenaga honorer yang tertolak datanya oleh sistem sebanyak 27 orang.

Kepala BKPSDM Kabupaten Bone, Drs A Islamuddin yang berusaha dikonfirmasi di kantornya, Senin, 15 Oktober kemarin tak berhasil. Yang bisa bersangkutan tak ada di kantor.
Kasubid Pengadaan dan Pemberhentian BKPSDM Bone, Hairunnisai yang dikonfirmasi mengatakan pelamar CPNS untuk jalur khusus eks tenaga honorer kategori II sebanyak 133 orang.

Hairunissai juga mengakui adanya pelamar dari tenaga honorer yang ditolak sebanyak 27 orang. “Disebabkan pada saat mendaftar tiketnya tidak bisa tercetak dengan berbagai kendala, termasuk ada yang sudah mendaftar melalui jalur umum lalu mendaftar lagi untuk kategori dua,” jelas Hairunnisai.

Diakui Hairunnisai, jumlah pendaftar jalur khusus eks tenaga honorer K2 dan telah mengembalikan berkas sampai Senin, 15 Oktober 2018 sebanyak 133 orang. Dengan demikian kuota sebanyak 170 minus 37 orang.

Ditambahkan Hairunissai, jumlah pendaftar CPNS via online hingga, Senin, 15 Oktober kemarin sebanyak 1.545 orang. Ini terbagi atas pelamar jalur umum sebanyak 1.412 orang. Dan sisanya adalah pelamar jalur khusus eks tenaga honorer K2 sebanyak 133 orang.

Adapun pelamar yang telah memasukkan berkas, untuk jalur umum baru 726 orang. Ini khusus untuk pelamar formasi tenaga kesehatan. Sedangkan pelamar formasi teknis lainnya 498 orang.
Diakui Hairunissai kuota CPNS Kabupaten Bone sebanyak 274 orang. Bukan 272 orang seperti yang dilansir BKPSDM beberapa waktu lalu.

“Jumlah peserta CPNS yang akan diterima nantinya secara keseluruhan sebanyak 274 orang. Meskipun sebelumnya yang tersebar sebanyak 272 orang, namun setelah diverifikasi ulang di pusat ternyata jumlahnya sebanyak 274 orang, itu hanya kesalahan jumlah saja,” jelas Hairunissai.

*

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top