30 Kades Perempuan Kawal SDGs – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

30 Kades Perempuan Kawal SDGs

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE–Sebanyak 30 orang dari 59 kepala desa perempuan se Kabupaten Bone menghadiri Workshop Integrasi SDGs dalam Perencanaan dan Penganggaran Desa, Jumat, 1 November pagi ini di salah satu wisma Jl Kajaolaliddong Kelurahan Manurunge Kecamatan Tanete Riattang.

Kegiatan bertajuk 30 Perempuan Kepala Desa Mengawal SDGs 2030 ini digagas Lembaga Pemberdayaan Perempuan (LPP) Bone bekerjasama Bagian Ekonomi Bappeda Kabupaten Bone.

Dibuka langsung Kepala Bidang Perencanaan dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Muhammad Zuhdi SSTP MSi.

“Dua poin penting yang akan dibahas dalam kegiatan ini adalah Sustainable Development Goals (SDGs) dan juga penganggaran,” tegas Zuhdi.

Ketua LPP Bone, Dra A Ratnawati daam laporannya mengungkapkan pihaknya menggandeng narasumber dari YPKM, dan Institut Kapal Perempuan.

“Ada 17 tujuan dan 169 target yang akan dicapai dalam SDGs 2030 dan melalui workshop ini akan diintegrasikan SDGs dalam Perencanaan dan Penganggaran Desa,” terangnya.

Tujuan SDGs yang dimaksud yakni menghapus kemiskinan, mengakhiri kelaparan, kesehatan yang baik dan kesejahteraan, pendidikan bermutu, kesetaraan gender, akses air bersih dan sanitasi, energi bersih dannterjangkau, pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi.

Juga tujuan industri, inovasi dan infrastruktur, mengurangi ketimpangan, kota dan komunitas berkelanjutan, penanganan perubahan iklim, menjaga ekosistem laut, menjaga ekosistem darat, perdamaian keadilan dan kelembagaan yang kuat, serta kemitraan untuk mencapai tujuan.

Direktur YPKM, Mulyadi Prayitno dalam pemaparannya mengungkapkan
Keberhasilan SDGs sebenarnya dimulai dari orang Bone.

“Yang menandatangani penggasn SDGs di Newyork adalah orang Bone yakni Bapak JK dan kita semua pahami bahwa pembangunan dimulai dari desa. Jika dipelopori pembangunan itu dipelopori perempuan yang dipilih langsung rakyatnya maka sungguh luar biasa,” ungkapnya.

Lebih lanjut Mulyadi mengaku takjub dengan banyaknya pemimpin perempan di Bumi Arung Palakka.

“Di daerah lain dalam satu provinsi saja paling banyak 15 orang kades perempuan, tapi di Bone ini satu kabupaten sampai 58 orag kades perempuan. Memang kita perlu banyak belajar kepemimpinan disini,” ungkapnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top