40 Desa Kelola Pamsimas ‘Suntik’ PADes – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

40 Desa Kelola Pamsimas ‘Suntik’ PADes

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE- Sebanyak 40 desa yang masuk dalam Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) sejak 2014, mengikuti Pelatihan Penguatan Pemerintah Desa dan Kecamatan selama empat hari, 2 sampai 5 Juli di salah satu hotel, Jl Dr Wahidin Sudiro Husodo Kelurahan Macanang Kecamatan Tanete Riattang Barat.

Distrik Koordinator Kabupaten Pamsimas, Muhammad Yusuf Karim kepada RADAR BONE saat ditemui disela-sela kegiatan, Kamis, 4 Juli kemarin mengatakan Program Pamsimas III ini dimaksudkan untuk pengembangan fasilitas Pamsimas agar menjangkau semua lapisan masyarakat.

“Tujuan pelatihan ini adalah mengintegrasikan program jangka menengah proaksi masuk dalam
RKPDesa,” terangnya.

Pasalnya, program Pamsimas sumber anggaran dari APBN dan APBD yang terbatas.

“Dengan demikian dengan integrasi dari APBDesa, maka fasilitas Pamsimas yang dikembangkan kemudian bisa dikelola masyarakat desa melalui Bumdes yang kelak menyuntik pendapatan asli desa,” tambah Yusuf.

Selain menerima materi dari beberapa narasumber baik dari pihak Bappeda, Dinkes, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Bone, kegiatan pelatihan pun diwarnai dengan diskusi hingga pemaparan dari desa peserta mengenai rencana kerja pembangunan yang terintegrasi dengan pamsimas.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top