430 Kepala TK di Bone Diperiksa Polisi. Ini Kasusnya! – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

430 Kepala TK di Bone Diperiksa Polisi. Ini Kasusnya!

Ilustrasi

PENULIS : HERMAN

RADARBONE.CO_ID_WATAMPONE-Kepolisian Resort Bone tengah mengusut dugaan korupsi pengadaan buku di tingkat Taman Kanak-kanak.

Sebanyak 430 kepala TK sudah dimintai keterangan. Satu persatu kepala TK di daerah ini dipanggil menghadap penyidik Polres Bone. Mereka dimintai keterangan seputar pengadaan buku.

Pihak kepolisian mengendus dugaan korupsi pengadaan buku tersebut. Kasat Reskrim Polres Bone, Iptu Muhammad Pahrun mengatakan pihaknya melakukan pemeriksaan maraton terkait dengan dugaan tindak penyalahgunaan uang negara tersebut.

“Kami periksa secara maraton. Anggota diterjunkan ke sekolah untuk melakukan pemeriksaan, mengingat jumlah sekolah cukup banyak. Berdasarkan data yang ada, jumlah TK di Kabupaten Bone sebanyak 508 unit, sementara yang telah kami periksa berjumlah 430 orang (Kepala TK),” ungkap Pahrun.

Hingga pekan lalu, masih ada tiga kecamatan yang sementara menjalani pemeriksaan. Kasus dugaan korupsi pengadaan buku ini diperkirakan menimbulkan kerugian negara yang cukup besar.

“Sekarang sedang berlangsung pemeriksaan, dilakukan anggota di Kecamatan Palaka. Dua kecamatan lain akan menyusul yakni Ponre dan Cenrana. Setelah itu pemeriksaan untuk kepala sekolah TK dinyatakan rampung,” terang Pahrun.

Pahrun membeberkan uang negara yang diduga disalahgunakan bersumber dari APBN tahun 2017 dan 2018.

“Kalau info awal yang kami dapatkan anggaran untuk 2017 sebesar Rp13 miliar koma sekian, sementara untuk 2018 jumlahnya Rp14 miliar. Ini jumlah anggaran untuk pengadaan buku tersebut. Jadi bukan kerugian, kalau soal kerugian belum diketahui karena status kasus ini masih dalam tahap penyelidikan,” tutupnya.

*

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top