45 Anggota DPRD Bone Ikut Orientasi – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

45 Anggota DPRD Bone Ikut Orientasi

RADARBONE.CO.ID–Anggota DPRD Bone mengikuti orientasi atau pendalaman tugas selama lima hari mulai Senin 26 Agustus hingga Jumat 30 Agustus mendatang. Para wakil rakyat ini diberi pembekalan terkait tugas, pokok dan fungsi Anggota DPRD Bone. Khususnya mengawal aspirasi rakyat.

Calon anggota legislatif (caleg) terpilih diminta tak hanya fokus pada penggunaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) dalam upaya mendorong pembangunan dan kemajuan daerah.
Anggota legislatif ke depan juga diharap aktif ikut membangun jaringan dari luar untuk membangun daerah. Upaya ini dimaksudkan untuk mendorong kemajuan dan pembangunan di masing-masing daerah tanpa menggunakan APBD.

“Mari kita kubur atribut kampanye dalam-dalam, dengan sama-sama menatap masa depan untuk membantu APBD kita. Mari kita sama-sama membangun jaringan untuk membantu daerah kita, jangan berharap dari APBD saja,” kata Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah di Makassar saat menjadi pembicara pada acara Orientasi Anggota DPRD Kabupaten Bone. Selain Bone, orientasi itu juga diikuti Anggota DPRD Kabupaten Maros dan Bulukumba.

Bupati Bone, HA Fahsar M Padjalangi, juga memberi arahan terkait strategi mendukung pembangunan, dimana peran lembaga legislatif sangat besar dalam mendorong percepatan pembangunan di daerah.

“Anggota DPRD adalah mitra strategis pemerintah. Kita berharap melalui peran Anggota DPRD Bone, dapat mempercepat pembangunan daerah masing-masing,” tukasnya.

Kepala BPSDM Sulsel Ir Imran Jausi mengatakan, orientasi dewan se Sulsel ini untuk tiga kabupaten ini dilaksanakan selama lima hari ke depan.

Imran Jausi mengatakan, dalam orientasi tersebut, seluruh dewan akan dibekali dengan materi Isu strategis daerah, fungsi tugas kewenangan dan hak hak dewan, hubungan kerja antara DPRD dan Kepala Daerah, wawasan kebangsaan, internalisasi integritas dan lain sebagainya

“Muatan lokal yang diberikan juga ke dewan adalah sinkronisasi program utama Pemprov Sulsel dan Pemkab se Sulsel,” ujar Imran.

Berdasarkan aturan, pelaksanaan orientasi anggota DPRD Provinsi dan kabupaten/kota diatur dalam Undang-Undang nomkr 23 tahun 2014 tentang peraturan daerah, serta peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 14 tahun 2018 tentang perubahan atas Permendagri nomor 133 tahun 2017 tentang orientasi dan pendalaman tugas anggota DPRD provinsi, kabupaten/kota.
Dalam aturan tersebut, jelas bahwa setiap anggota DPRD kabupaten/kota wajib mengikuti orientasi yang dilakukan dan difasilitasi oleh BPSDM provinsi di seluruh provinsi di Indonesia

*

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top