AFP Head To Head AYP di Pilkada Bone? – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

AFP Head To Head AYP di Pilkada Bone?

Dua bakal calon bupati Bone, HA Fahsar M Padjalangi (Incumbent) dan A Yuslim Patawari (AYP) duduk satu meja saat menghadiri resepsi pernikahan putri Bupati Soppeng beberapa waktu lalu

Simak Prediksi Pemilukada Bone 2018

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE–Bakal calon bupati Bone petahana, HA Fahsar M Padjalangi (AFP) diprediksi sulit mewujudkan ambisinya mengumpulkan seluruh dukungan partai politik di Bone. Beberapa figur, siap menjegal langkah Ketua DPD Golkar Bone itu.

Sebelumnya, muncul banyak nama yang diisukan bakal maju di pilkada, sebut saja A Asrul, A Irwandi Natsir, HA Mappamadeng Dewan, A Yuslim Patawari (AYP) dan A Mangunsidi.

Namun belakangan, hanya Yuslim menunjukkan keseriusannya maju di pilkada. Setelah menjalani fit and proper test di PDIP, Yuslim kembali mendaftar di Gerindra. Sebelumnya, AYP telah mengambil formulir di Partai Nasdem, PAN dan PBB. Termasuk masuk dalam tiga besar Pemira PKS bersama Fahsar dan A Asrul.
Partai yang sama, juga menjadi bidikan Fahsar. Bedanya, Fahsar telah menjalani fit and proper tes di PDIP dan Gerindra dan hampir pasti mengantongi rekomendasi usungan dari PPP.

Banyak kalangan yang memprediksi AYP, bakal menjadi batu sandungan Fahsar di pilkada. Pertarungan jilid kedua antara keduanya bakal kembali tersaji di pilkada. Kali ini, AYP tidak lagi berstatus calon wakil bupati, melainkan bakal calon bupati yang siap head to head melawan petahana tersebut.

Dikonfirmasi RADAR BONE, Fahsar mengaku tak masalah jika di Pilkada Bone nantinya, hanya ada dua calon yang bertarung. Bahkan Fahsar juga siap jika di pilkada harus melawan kotak kosong.
“Saya sudah menjalani fit and proper test di PDIP dan Gerindra, mendaftar di Nasdem, PPP, PAN dan PKS. Termasuk mengambil formulir pendaftaran di Hanura,” ungkap Fahsar kepada RADAR BONE, usai menghadiri rapat paripurna pandangan umum fraksi terkait Rancangan Peraturan Daerah tentang Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2016, Jumat 7 Juli kemarin.

Sementara AYP, menegaskan, berniat maju di Pilkada Bone melalui persiapan yang matang. AYP menegaskan visi cerdas 2018 menjadi fokusnya, termasuk menciptakan ekonomi rakyat dengan agropolitan sistem.
Komunikasi dengan kalangan elit partai politik lanjut dia masih berproses. Termasuk mendaftar di Partai Nasdem, PDIP, Gerindra dan telah menjalin komunikasi dengan PBB, Hanura dan PKB.

“Saya punya niat maju di Pilkada Bone bukan sebagai lawan petahana tapi mitra petahana dalam proses demokrasi. Saya punya pengalaman kalah 2013 dan punya pengalaman membantu memenangkan kawan di pilkada. Secara pribadi saya sangat menghargai pribadi Andi Baso Fahsar dan keluarganya, tentu pada waktu yang tepat kalau partai sudah pasti mendukung saya akan datang mappatabe ke beliau untuk memohon izin maju sebagai mitra di pilkada,” ujarnya.

Bone lanjut AYP, adalah kabupaten yang besar dan tempat lahirnya beberapa tokoh pemimpin nasional.
“Jadi tidak elok rasanya bila petahana melawan kotak kosong dan saya berharap banyak kandidat yang maju tapi kalau head to head maka itu sangat menarik,” pungkasnya.

Ketua tim penjaringan DPC PDIP Bone, Bahtiar Malla mengakui dua bakal calon tersebut (AYP dan AFP) telah menjalani fit and proper test.

“Sisa kita tunggu keputusan dari DPP siapa bakal calon yang akan diusung,” ujar Bahtiar.
Terpisah, Wakil Ketua DPD Gerindra Sulsel, Andi Agussalim Gadjong mengaku partainya membagi tiga tahap fit and proper test. Fit and proper tes tahap pertama lanjut dia, telah diikuti bakal calon bupati, HA Fahsar M Padjalangi.

Menyusul A Yuslim Patawari, Andi Sultan Pawi, A Irwandi Natsir dan A Mangunsidi untuk tahap kedua. “Tahap ketiga akan diikuti dua bakal calon yakni H Sulthani dan A Samsidar Ishak,” jelasnya.
Persyaratan mutlak yang harus dipenuhi bakal calon lanjut dia, wajib menandatangani pakta integritas pemenangan Prabowo di Pilpres 2019.

“Jadi ketika tidak sanggup menjalankan pakta integritas itu, maaf saja, Gerindra tidak akan mengusung di pilkada,” tutupnya.

*

To Top