Akses Masuk ke Lapangan Ditutup – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Akses Masuk ke Lapangan Ditutup

Shalat Id Dipusatkan di Lapangan Merdeka

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE–Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Bone menetapkan Lapangan Merdeka sebagai tempat pelaksanaan shalat Idul Fitri 1438 Hijriyah. Seluruh akses menuju ke Lapangan Merdeka ditutup dari lalu lintas kendaraan.

Berdasarkan informasi yang dikeluarkan Dinas Perhubungan Kabupaten Bone, sedikitnya enam akses jalan menuju ke Lapangan Merdeka ditutup dari lalu lintas kendaraan bermotor. Adapun ruas jalan yang ditutup, yakni persimpangan Jl Orde Baru-Jl Jenderal Sudirman (Selatan) dan Jl Merdeka (Timur). Kemudian dari utara lapangan Merdeka yang ditutup adalah Jl Petta Ponggawae (tugu air mancur), Jl Wolter Monginsidi (Timur), persimpangan Jl Orde Baru-Jl Makmur (Barat) dan persimpangan empat Jl Ahmad Yani-Jl Besse Kajuara dan Jl Gunung Klabat (Barat).

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bone, Asiswa Karim kepada RADAR BONE, Kamis, 22 Juni kemarin mengungkapkan semua jalur yang menuju ke Lapangan Merdeka ditutup. Hal ini dimaksudkan, kata Asiswa agar pelaksanaan shalat Id berjalan lancar tanpa gangguan arus lalu lintas kendaraan bermotor. “Kami sudah tentukan jalur yang ditutup sebelum hari H. Sehingga pada saat pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri, anggota sudah siap siaga masing-masing di tempat yang ditutup.

Sehingga semua kendaraan tidak boleh ada yang masuk. Baik kendaraan roda dua maupun roda empat,. Ini diterapkan demi kenyamanan kekhusyukan warga beribadah,” kata Asiswa.
Karenanya Asiswa meminta pengertian kepada pengendara kendaraan agar mematuhi pengaturan lalu lintas selama pelaksanaan shalat Id tersebut.

“Diimbau kepada pengendara atas pengertiannya agar jalur yang sudah ditutup itu tidak ada yang melanggar demi kenyamanan kita bersama,” harapnya.

Ketua PHBI Kabupaten Bone, HA Surya Darma SE, MSi mengatakan jika terjadi halangan seperti hujan, maka pelaksanaan shalat Id dialihkan ke masjid. “Sebagai alternatif ketika hujan turun, beralih ke Masjid Almarkaz,” jelas Sekkab Bone itu.

Pelaksanaan shalat Id dijadwalkan pada Minggu, 25 Juni mendatang sekira pukul 06.45 Wita (atau menunggu keputusan Menteri Agama RI).

Bertindak sebagai imam adalah H Muh Taufik Mustamin SAg (Imam Masjid Tua Al Mujahidin). Kemudian khatib adalah Prof Dr H Abustani Ilyas MAg (Guru Besar IAIN Alauddin Makassar). Dan cadangan, yakni Drs HM Amin MHi (Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bone).

Mengawali pelaksanaan shalat Id, akan digelar lomba takbiran pada Sabtu malam, 24 Juni besok. Lomba takbiran akan diikuti semua organisasi perangkat daerah, termasuk tiga kecamatan wilayah kota, perbankan serta institusi lainnya dengan mengambil titik start di Terminal Petta Ponggawae.

“Agar malam takbiran bisa berlangsung semarak dan syahdu, maka kami harapkan live performance dari peserta lomba bukan sekadar memperdengarkan rekaman kaset,” kunci Surya Darma.

*

Click to comment
To Top