Alfamart dan Indomaret Dinilai Mematikan Usaha Kecil – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Alfamart dan Indomaret Dinilai Mematikan Usaha Kecil

Pedagang kecil di kawasan Pusat Pendaratan Ikan (PPI) Lappa, kembali melakukan aksi protes atas berdirinya pusat perbelanjaan Indomaret di areal PPI tersebut

PENULIS : LUKMAN SARDY

SINJAI, RB–Keberadaan swalayan Alfamart dan Indomaret menyebabkan perekonomian pedagang kecil tidak bisa berkembang bahkan mematikan usaha kecil yang berada di sekitarnya.
Hal ini ditegaskan pengamat pasar dan ekonomi sosial, Ishar kepada RADAR BONE, Kamis 28 April kemarin.
“Keberadaan mini market tersebut memang memiliki dampak negatif maupun positif. Salah satu dampak negatifnya, yakni berdampak buruk pada perekonomian rakyat kecil,” ungkapnya.
Menurutnya, meski keberadaan mini market tersebut membuka lapangan kerja bagi masyarakat dan memperluas jaringan investor, namun masyarakat, khususnya pengusaha kecil harus menghadapi dan menerima kondisi perekonomian yang diakibatkan keberadaan minimarket tersebut.
Ishar menambahkan, ke depannya pemerintah harus mengatur mini market sejenis Alfa Mart maupun Indo Mart agar tidak terlalu merugikan pengusaha kecil yang ada di Kabupaten Sinjai.
“Dengan kehadiran pasar modern di Sinjai, tentu berdampak negatif terhadap pengusaha lokal yang ada di Kabupaten Sinjai secara drastis termasuk kehadiran mini market suryani dan toko ternate. Pasalnya selain luas wilayah Sinjai yang sempit dibandingkan dengan kota-kota besar di Sulsel, sebenarnya kalau mau dirunut dengan baik, Kabupaten Sinjai belum bisa menerima kehadiran pengusaha luar seperti Indomart atau Alfamart. Karena ini berdampak pada kelangsungan usaha kecil,” imbuhnya.

To Top