Amir Bandu Siap Kembalikan ke Negara – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Amir Bandu Siap Kembalikan ke Negara

H Amir Bandu memperlihatkan dokumen kepemilikan lahan yang dikuasainya di pesisir Pantai Bajoe.

Soal Lahan Pesisir yang Dikuasai

PENULIS : BAHARUDDIN

WATAMPONE, RB—Pengusaha asal Bajoe, H Amir Bandu angkat bicara terkait lahan pesisir Pantai Bajoe yang dikuasainya. Diakui lahan seluas 120.000 meter persegi itu diperoleh secara legal dari Mantan Kepala Desa Bajoe dengan ganti rugi senilai Rp10 juta. Teka-teki penguasaan lahan di pesisir Pantai Bajoe mulai terkuak. Dari tiga oknum yang dibeberkan Kerukunan Keluarga Suku Bajo (KKSB) dalam surat pernya-taan sikapnya di kantor bupati, Jumat 9 September lalu, salah satunya adalah H Amir Bandu, seorang pengusaha ternama di Bajoe.

Amir Bandu yang ditemui RADAR BONE di kediamannya, Kamis, 15 September kemarin mengakui, bahwa lahan pesisir pantai yang dikuasai merupakan hasil pengalihan hak kepemilikan dari seorang pegawai negeri sipil bernama Amir Syarifuddin, BA yang beralamat di Jl Veteran Bajoe.

Diketahui, Amir Syarifuddin adalah Mantan Kepala Desa Bajoe. Ini diperkuat dengan surat keterangan pemindahan hak yang diperlihatkan H Amir Bandu, tertanggal 6 Juli 1995. Dalam surat itu, Amir Syarifuddin bertindak selaku pihak pertama dan H Amir Bandu selaku pihak kedua.

Kepada Amir Bandu (Pihak kedua), Amir Syarifuddin (Pihak pertama) memindahkan hak kepemilikan lahan seluas 120.000 meter persegi yang terletak di blok 10 dengan besar ganti rugi Rp10 juta. Adapun batas-batas tanah dimaksud, yakni Sungai (Sebelah Selatan), Laut (Sebelah Timur), Sungai (Sebelah Selatan) dan Tanah Amir Syarifuddin, BA (Sebelah Barat).

Surat keterangan pemindahan hak ini ditandatangani kedua belah pihak dan diketahui, Kepala Desa Bajoe yang saat itu dijabat Jabraenal Jabir. Jabraenal Jabir saat ini diketahui termasuk salah satu penerima lahan dari 34 nama yang beredar. Informasi yang di-terima RADAR BONE, Jabraenal juga disebut-sebut sebagai oknum yang mengumpulkan KTP dari beberapa penerima lahan yang dibagikan Amir Bandu.

Kepada RADAR BONE, Amir Bandu menegaskan, bahwa sesuai dokumen yang dimiliki tercantum luas lahan 120.000 meter persegi. Namun kata dia, sesungguhnya lahan yang dikuasai tidak seluas itu. Melainkan hanya berkisar 7 hektar.
“Luas tanah di wilayah itu yang tercatat memang seluas 120.000 meter persegi. Tapi pada saat itu hanya diperkirakan saja luasnya. Jadi, kemungkinan luasnya hanya sekitar tujuh hektar saja. Dan itu kami selalu bayar SPPT setiap tahun,” jelas H Amir Bandu seraya memperlihatkan dokumen dimaksud.
Lebih jauh dia menjelaskan, bahwa lahan yang dikuasainya tersebut tidak berada dalam lokasi perkampungan Suku Bajo.

“Tanah negara itu bukan lokasi Suku Bajo. Kami siap dipanggil peme-rintah daerah untuk mempertanggungjawabkan soal tanah negara itu.” tegas Ketua Golkar Tanete Riattang Timur itu.

Saat ini, H Amir Bandu telah menghibahkan 1 hektar lahan yang dikuasai kepada warga Suku Bajo. Hingga kemarin, tercatat sudah 75 warga Suku Bajo yang datang menyetor KTP untuk mendapatkan lahan gratis.

“Tanah negara itu bukan lokasi Suku Bajo, tapi kami kasihan melihat mereka dan menuntut untuk diberikan juga, makanya kami bagikan perkap-ling kurang lebih satu hektar secara keseluruhan dengan gratis,” beber H Amir Bandu.
Terkait dengan bagi-bagi lahan kepada 34 nama dari berbagai latar belakang profesi. Mulai oknum pejabat pemerintah, anggota Polri, LSM dan wartawan.

Tokoh Bajoe ini mengakui bahwa itu bukan hibah. Me-lainkan pengalihan hak dengan ganti rugi sebesar Rp10 juta per orang. Namun informasi yang beredar, ada penerima diberi dengan cuma-cuma yang hanya bermodalkan KTP.
H Amir Bandu mengakui, bahwa lahan yang dikuasai adalah milik negara. Karenanya, dia menyatakan siap mengembalikan ke negara jika pemerintah me-lakukan penarikan. Termasuk siap mengembalikan uang ganti rugi 34 nama yang dimaksud.

“Kami siap kembalikan semua, karena memang itu adalah tanah negara dan tidak boleh diperjualbelikan. Kami juga siap kembalikan uang ganti rugi semuanya,” kunci H Amir Bandu.

*ASKAR SYAM

To Top