Aneh, Penyerapan Tenaga Kerja di Bone Sulit Terdeteksi – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Aneh, Penyerapan Tenaga Kerja di Bone Sulit Terdeteksi

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE–Pemerintah Kabupaten Bone melalui Dinas Ketenagakerjaan telah mengeluarkan kartu pencari kerja atau kartu kuning sebanyak 867 lembar selama kurun waktu Januari-Juli 2017. Hanya saja, dari jumlah itu, belum satu pun pencari kerja datang melaporkan diri bahwa sudah mendapatkan pekerjaan yang dilamar.

Kepala Bidang Penempatan dan Perluasan Kesempatan Kerja Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Bone, M Irwan mengatakan karena tidak adanya laporan tersebut, maka pihaknya sulit mendeteksi jumlah tenaga kerja yang terserap setiap tahunnya.

“Meskipun pada saat mengurus kartu kuning mereka didata, tapi tidak diketahui yang sudah bekerja. Seperti tahun ini mulai Januari sampai dengan Juli sudah ada 867 orang yang diberikan kartu pencari kerja (kartu kuning).

Tapi belum ada satu orang pun yang melaporkan diri kalau sudah mendapatkan pekerjaan,” kata Irwan.
Salah satu penyebab tidak adanya laporan yang masuk, kata Irwan karena sebagian besar pencari kerja memilih mencari peruntungan di luar daerah, karena minimnya lapangan kerja di daerah ini.

“Makanya sekarang diupayakan supaya masyarkat Bone dapat membuka usaha sendiri dengan cara memberikan pembinaan keterampilan, berupa menjahit, las, tata rias dan keterampilan lainnya setiap tahun.
Jika sudah memiliki keterampilan, tentu keterampilan itu dapat dikembangkan dan bisa membuka lapangan kerja sendiri.

Karena sekarang jumlah pencari kerja dengan lapangan kerja belum seimbang,” tuturnya.
Lanjut Irwan mengatakan untuk membantu pencari kerja tersebut pihaknya juga turun ke lapangan mencari perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja untuk memfasilitasi atau mempertemukan antara pencari kerja dengan perusahaan. jelasnya.

*

Click to comment
To Top