Anggota Komisi VII DPR Kampanyekan Bahaya Merkuri Melalui Bimtek – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Anggota Komisi VII DPR Kampanyekan Bahaya Merkuri Melalui Bimtek

RADARBONE.CO.ID–Anggota Komisi VII DPR RI Dr Ir Hj Andi Yuliani Paris MSc bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bone mengadakan Bimbingan Teknik Peningkatan Kesadaran Masyarakat terhadap bahaya Merkuri di wilayah Sulsel bertempat di salah satu Hotel di Jl Ahmad Yani Kelurahan Jeppe’e Kecamatan Tanete Riattang Barat, Senin, 13 Agustus 2018.

Acara itu dibuka langsung Pj Bupati Bone Ir Andi Bakti Haruni CES dan dihadiri Kepala DLH Bone Ir Asmar Arabe dan sejumlah karyawan salon, mahasiswa serta aktivis lingkungan.

Anggota Komisi VII DPR RI Hj Andi Yuliani Paris mengatakan merkuri berbahaya bagi janin dan penyebab kanker. Maka dari itu ia mengajak para bidan, penyuluh, pemerhati lingkungan, pengelola salon, kecantikan untuk mencegah dampak merkuri.

“Merkuri adalah salah satu jenis logam yang banyak ditemukan di alam dan tersebar dalam batu-batuan, biji tambang, tanah, air dan udara sebagai senyawa anorganik dan organik.
Merkuri yang ada di dalam tanah, air, dan udara relatif rendah. Berbagai jenis aktivitas manusia yang dapat meningkatkan kadar merkuri menjadi tinggi, misalnya aktivitas penambangan,” katanya.

Hal serupa juga diungkapkan Pj Bupati Bone Ir Andi Bakti Haruni CES mengatakan Merkuri sangat populer dalam kandungan produk pemutih kulit karena kemampuannya menghambat pembentukan melanin sehingga kulit tampak lebih cerah dalam waktu singkat. Padahal di balik hal itu, merkuri justru sangat berbahaya dan sebaiknya diwaspadai produk-produk tersebut.

“Penggunaan merkuri pada kosmetika kini terbukti berbahaya dan dilarang. Maka dari itu gunakanlah produk yang alami seperti yang sering dipakai orang terdahulu yaitu bedak pica,” ujarnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top