Anton Charliyan Siap Harumkan Nama Bone – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Anton Charliyan Siap Harumkan Nama Bone

Kapolda Sulsel, Irjen Pol Anton Charliyan

Diberi Gelar ‘La Makkatutu Daeng Pappaseng’

PENULIS : ROSDIANA SULJA

WATAMPONE, RB—Untuk kesekian kalinya, Dewan Adat Bone bersama Pemkab Bone memberi gelar kebangsawanan kepada beberapa pejabat Polri.
Kali ini giliran Kapolda Sulsel, Irjen Pol Anton Charliyan yang diberi gelar ‘La Makkatutu Daeng Pappaseng’. Pemberian gelar dilakukan di rumah adat Bola Soba yang dikemas dalam nuansa budaya, Selasa 18 Oktober kemarin.
Ini merupakan pemberian gelar kebangsawanan perdana yang dilaksanakan di Bone. Sebelumnya, pemberian gelar dilakukan di Makassar, seperti pemberian gelar untuk Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian dan Mantan Kapolri, Jenderal Purnawirawan Badrodin Haiti.

Kapolda Sulsel Irjen Pol Anton Charlyan menyambut baik pemberian gelar tersebut. Dia bahkan berjanji untuk mengharumkan nama Bone, setelah dinobatkan jadi orang Bone.
“Penganugerahan ini suatu amanah dan saat ini saya sah menjadi orang Bone dan siap mengharumkan Bumi Arung Palakka ini di seluruh Indonesia,” katanya.

Sebagai bentuk upaya pelestarian budaya Bugis Bone, Anton menggagas pembentukan sebuah artefak berupa tugu badik.
“Saya sudah bicara dengan Bapak Bupati Bone untuk pembuatan artefak ini sehingga senjata khas ini tidak diklaim dunia,” katanya.
Ketua Dewan Adat Bone, A Baso Hamid yang dikonfirmasi RADAR BONE mengenai alasan pemberian gelar kebangsawanan mengaku jika hal itu dilakukan berdasarkan hasil rapat Lembaga Adat Bone.

“Ini Kapolda pertama yang kami beri gelar kebangsawanan dan ini dilakukan karena melihat interaksi beliau dalam kegiatannya mensinergikannya dengan budaya. Hal seperti itu meninggikan budaya,” katanya.
Sebelum mengakhiri kunjungannya di Bumi Arung Palakka, Kapolda yang hobi menyanyi ini juga sempat berkunjung ke Markas Korem 141 TP dan mengakhirinya dengan kegiatan ramah tamah di Rumah Jabatan Bupati Bone Jl Petta Ponggawae.

*ASKAR SYAM

To Top