Asyik, THR dan Gaji 13 PNS Segera Dibayarkan. Termasuk Pensiunan – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Asyik, THR dan Gaji 13 PNS Segera Dibayarkan. Termasuk Pensiunan

Presiden Tandatangani PP Tunjangan Hari Raya dan Gaji ke-13\

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE—Kabar menggembirakan bagi aparatur sipil negara, prajurit TNI dan Polri. Selain mempercepat pembayaran tunjangan hari raya tahun ini, pemerintah juga menambah komponen pembayaran alias terjadi kenaikan. Yang menarik, pensiunan juga mendapat jatah THR. Presiden RI, Joko Widodo didampingi Wakil Presiden dan sejumlah menteri mengumumkan THR dan gaji ke-13, di Istana Negara, Jakarta, Rabu, 23 Mei kemarin.

Jokowi telah menandatangani Peraturan Pemerintah (PP) tentang Pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) dan gaji ke-13 untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS), TNI, Polri dan pensiunan. “Pada hari ini saya telah menandatangani PP yang menetapkan pemberian THR dan gaji ke-13 untuk para pensiunan, penerima tunjangan, seluruh PNS, prajurit TNI dan anggota Polri,” kata Jokowi.
Menurutnya, hal sama terjadi pada tahun-tahun sebelumnya. Namun, yang istimewa tahun ini, kata Jokowi THR juga diberikan kepada pensiunan.

“Kami berharap ada peningkatan kerja ASN dan pelayanan publik keseluruhan,” kata Jokowi. Menteri Keuangan Sri Mulyani menambahkan pemberian THR bagi PNS sebelumnya sudah dilakukan. Hanya besarannya saja yang berbeda pada tahun ini. “Yang berbeda dari tahun ini tunjangan hari raya tidak hanya dibayarkan dalam bentuk gaji pokok. Namun termasuk di dalamnya adalah tunjangan keluarga, tunjangan tambahan dan tunjangan kinerja,” ungkapnya.

Lanjut dia, pemerintah juga memberi gaji ke-13 sebesar sebulan gaji pokok, tunjangan umum, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan dan tunjangan kinerja. Sedang gaji ke-13 bagi pensiunan dibayarkan sebesar pensiun pokok, tunjangan keluarga, dan tunjangan tambahan penghasilan.
Lebih jauh Sri Mulyani mengungkapkan untuk gaji 13 aparatur pemerintah akan dibayar sebesar gaji pokok mereka, termasuk tunjangan umum, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan dan tunjangan kinerja.

Dan untuk pensiun ke-13 dibayarkan pensiun pokok tunjangan keluarga, dan tunjangan tambahan penghasilan. “Seperti disampaikan tadi bapak presiden, yang berbeda tahun ini adalah bahwa pensiunan mendapatkan THR karena tahun lalu pensiunan tidak mendapatkan THR,” jelas dia
Adapun permintaan pembayaran THR oleh seluruh satuan kerja kepada kantor pelayanan perbendaharaan negara, kata Sri Mulyani dapat dimulai pada akhir Mei ini. “Jadi mulai pembayarannya akhir bulan ini sampai awal Juni,” jelasnya. Selanjutnya untuk gaji ke-13 direncanakan peng-ajuan permintaan pembayarannya oleh satuan kerja kepada kantor pelayanan perbendaharaan negara dilakukan pada akhir bulan Juni dan dibayarkan pada awal bulan Juli.

Pemerintah Kabupaten Bone melalui Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) belum menetapkan jadwal pembayaran tunjangan hari raya (THR) kepada PNS di jajarannya. Kepala Bidang Anggaran BPKAD Bone, A Hasanuddin mengatakan penetapan jadwal belum dilakukan karena petunjuk teknis (Juknis) untuk pembayaran THR dan gaji ke-13 belum turun. Menurut dia, penentuan besaran THR dan penyusunan ampra dilakukan berdasarkan juknis.

“Belum bisa dipaparkan jumlah secara keseluruhan alokasi dana THR. Karena belum ada juknisnya dari pusat. Sekarang kami tinggal menunggu juknisnya, kalau sudah ada juknisnya, maka baru dilakukan penyusunan ampra berdasarkan dengan juknis,” kata pria yang akrab disapa Andi Daddi itu.

Lanjut dia, THR biasanya dibayarkan sebelum lebaran dan gaji ke-13 setelah lebaran. Hal senada diungkapkan Sekretaris BPKAD Bone, H Najamuddin. Ia menegaskan sebelum ada juknis belum bisa ditentukan besaran THR,” Kami belum bisa melakukan apa-apa sebelum ada juknisnya,” katanya.

Diketahui, pada pembayaran THR pada 2017 lalu, pemkab menggelontorkan dana sedikitnya Rp34 mi-liar. Angka ini lebih kecil dibanding alokasi dana THR ASN tahun 2016 yang mencapai Rp39 miliar. Penurunan alokasi dana ini tidak terlepas dari berkurangnya ASN yang menerima THR tahun 2017 yang cuma berjumlah 9.552 orang. Sedang-kan pada 2016 mencapai 11 ribu orang. Adapun besaran anggaran THR tahun 2017, yakni Rp34.532.431.400. Sedangkan untuk gaji ke-13 sebesar Rp41.255.264.000.

*

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top