ATS Capai 28 Ribu, Pemkab Gencarkan ‘Gerakan Lisu Massikola’ – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

ATS Capai 28 Ribu, Pemkab Gencarkan ‘Gerakan Lisu Massikola’

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE– Angka Anak Tidak Sekolah (ATS)di Kabupaten Bone berdasarkan data Sistem Database Desa dan Kelurahan Tahunn2017, terdapat 28.000 ATS yakni anak umur 7-18 tahun yang belum pernah sekolah maupun putus sekolah.

Khusus di Kecamatan Dua Boccoe yang diadvokasi tuntaskan wajib belajar sembilan tahun melalui kucuran APBD dan ApBDes 2018 mendatang memiliki 1.190 ATS.

Hal ini terungkap dalam Advokasi Hasil Piloting Perencanaan Pendidikan Berbasis Data Untuk Mewujudkan Tuntas Wajar 9 Tahun di Bugis Room Novena Hotel, Senin, 28 Agustus pagi ini.

Kegiatan yang sempat dihadiri Wakil Bupati Bone, Drs H Ambo Dalle MM didampingi Kepala Bappeda Kabupaten Bone ini mengundang peserta dari Camat Dua Boccoe, 21 kepala desa dan seorang lurah.

“Di Kecamatan Dua Boccoe terdapat lima desa dengan ATS 474 anak yang me jadi pilot project yang diadvokasi untuk tuntaskan wajib belajar sembilan tahun,” terang Hj Syamsidar, Kabid Perencanaan Sosial Budaya Bappeda Bone.

Melalui program Gerakan Masyarakat Lisu Massikola (Germas) dari lima desa ini masing-masing Desa Lilina Ajangale, Mallimmongeng, Welado, Lamurukung dan Appumpungeng telah ada 127 ATS yang berhasil dikembalikan ke sekolah.

“Melalui Germas ini dibarengi dengan kampanye pendidikan, pemberian bantuan modal usaha bagi warga kurang mampu serta mengaktifkan Kejar Paket A, B dan C, sebagai program 2018 mendatang, maka kami optimis jumlah ATS akan ditekan secara drastis,” tegas Kabid yang gesit bekerja ini.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top