Awas Flu Burung Mengancam Bone – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Awas Flu Burung Mengancam Bone

Petugas dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Bone, saat mengambil sampel ternak ayam milik warga yang mati mendadak diduga terserang viru flu burung.

Ayam Milik Warga di Kelurahan Biru Mati Mendadak

PENULIS : ASKAR SYAM

WATAMPONE, RB—Warga di Kelurahan Biru, Kecamatan Tanete Riattang, resah dengan adanya ayam yang mati mendadak. Diduga ayam milik warga tersebut, diserang virus flu burung. Salah seorang warga, Muhtar mengaku, ada 30 ekor lebih ayam miliknya yang mati mendadak.

“Sudah 8 hari kejadiannya. Awalnya dua ekor yang mati, tapi setelah itu, langsung bersamaan terserang penyakit besoknya mati,” ungkap Muhtar yang juga peternak ayam kampung tersebut kepada RADAR BONE, Senin 25 Juli kemarin.
Bukan hanya Muchtar, warga lainnya yang memelihara ayam di sekitar kandang ayam yang diduga terserang virus flu burung itu, juga mati mendadak.“Ini ayam tetangga yang mati barusan,” tambah Muchtar sembari menunjukkan ke sejumlah awak media, ayam yang dimaksud.

Muchtar berharap Dinas Peternakan Kabupaten Bone, segera turun tangan dengan melakukan pengecekan di lokasi tersebut. “Kami khawatir, jangan sampai ayam-ayam yang mati tersebut benar-benar terjangkit virus flu burung. Imbasnya kan ke warga juga,” tambah Rahmi lainnya.
Dia juga berharap Dinas Peternakan memberikan vaksin kepada ternak-ternak ayam milik warga. “Jelasnya kami berharap agar segera ada upaya kongkret dari Dinas Peternakan untuk mengantisipasi jangan sampai virus ini menyebar ke ternak ayam milik warga lainnya,” tambah Muchtar.

Mendengar adanya kasus ayam mati mendadak di Kelurahan Biru, petugas dari Dinas Peternakan Kabupaten Bone, langsung melakukan pengecekan di lokasi, Senin sore 25 Juli kemarin. Petugas yang terdiri dari dokter hewan tersebut, terlihat memeriksa dan mengambil sampel ternak ayam milik warga. Untuk selanjutnya diuji lab.
“Tanda-tanda yang terjadi mengarah ke flu burung. Akan tetapi nanti baru dipastikan ketika sudah keluar hasil lab-nya,” kuncinya.

*ASKAR SYAM

To Top