Awas HIV-AIDS. 2019 Sudah Enam Nyawa Melayang – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Awas HIV-AIDS. 2019 Sudah Enam Nyawa Melayang

KPAD Bone saat menggelar pelatihan bahaya virus HIV-AIDS

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE–Kasus HIV-AIDS kian meningkat. Hingga Agustus 2019, sudah ada 26 penderita yang terdeteksi mengidap HIV-AIDS. Enam diantaranya meninggal dunia.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bone mencatat peningkatan jumlah penderita HIV-AIDS setiap tahunnya.

Di 2019, warga yang terjangkit virus mematikan itu sudah mencapai 26 orang dan merenggut enam jiwa. Jumlah penderita meninggal dunia meningkat jika dibandingkan tahun 2018. Di Tahun 2018, penderita HIV-AIDS mencapai 42 orang dan merenggut empat nyawa (Selengkapnya lihat grafis).

Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinas Kesehatan Kabupaten Bone, Komaruddin SSos MKes mengatakan, penderita HIV AIDS didominasi usia produktif.

“Mereka yang terjangkit HIV, didominasi dari kalangan pelaku seks bebas yang banyak ditemukan saat berobat di Puskesmas Watampone,” ujar Komaruddin kepada RADAR BONE, Rabu 28 Agustus kemarin.

Pihaknya mengaku rutin melakukan sosialisasi terkait bahaya penyakit HIV-AIDS. Termasuk kata Komaruddin, pemeriksaan HIV pada semua penderita Tuberkulosis (TBC) dan skrining HIV pada ibu hamil.

“Skrining HIV juga menyasar para waria, pekerja salon, pengguna narkoba suntik, termasuk penyuluhan HIV pada sekolah,” katanya.

Komisi Penanggulangan AIDS Daerah (KPAD) juga tak tinggal diam dalam melakukan penanggulangan HIV-AIDS.

KPAD yang dipimpin Wakil Bupati Bone, H Ambo Dalle, membentuk Warga Peduli AIDS di masing-masing kecamatan. Tujuannya, untuk mengoptimalkan penanggulangan AIDS di daerah ini.

Wakil bupati menegaskan, perlunya kebijakan pemberdayaan masyarakat sebagai bagian dari upaya penanggulangan AIDS.

Ambo Dalle menegaskan, perlunya peningkatan kapasitas dalam rangka mendukung upaya pencegahan HIV-AIDS pada populasi kunci.

“Berdasarkan data Dinas Kesehatan dan RSUD Tenriawaru Kabupaten Bone data epidemi HIV atau AIDS menunjukan kecenderungan persebaran dan jumlah kasus semakin meningkat dari waktu kewaktu. Penyebaran kasus HIV atau AIDS telah ditemukan hampir di seluruh kecamatan atau puskesmas,” terang Ambo Dalle.

Dalam wilayah Kabupaten Bone dan secara epidemiologi, trend peningkatan lanjut manta Ketua DPRD Bone itu, dipandang cukup menghawatirkan.

“Kasus HIV AIDS penyebarannya hampir seluruh kecamatan.
Jadi sangat perlu dan mendesak untuk dilakukan upaya pencegahan lebih cepat,” kuncinya.

Berikut rincian kasus HIV-AIDS di Bone

Kasus HIV AIDS Yang Terdeteksi di Kabupaten Bone

-2019
*Jumlah Penderita (Januari – Agustus): 26 Orang
*Meninggal Dunia: 6 Orang

2018
*Jumlah Penderita :42 Orang
*Meninggal Dunia: 4 Orang

2017
-28 Penderita

2016
-24 Penderita

2015
-17 Penderita

2014
-11 Penderita

2013
-5 Penderita

*

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top