Aziz : Gerakan Membangun di Kampung Solusi Atasi Kesenjangan Ekonomi – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Aziz : Gerakan Membangun di Kampung Solusi Atasi Kesenjangan Ekonomi

RADARBONE.CO.ID_Makassar — Calon Wakil Gubernur Sulsel, Aziz Qahhar Mudzakkar, menyoroti kesenjangan ekonomi di daerahnya yang semakin tinggi dari waktu ke waktu. Itu mengindikasikan jurang pemisah antara orang kaya dan orang miskin semakin melebar. Bila tidak cepat dituntaskan, permasalahan itu dapat berdampak pada konflik sosial.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), kesenjangan ekonomi yang diukur melalui gini ratio telah mencapai 0,42. Gini ratio Sulsel di atas angka nasional, bahkan tercatat kedua tertinggi di Indonesia. Kondisi tersebut menunjukkan timpangnya ekonomi alias pendapatan masyarakat di Sulsel.

“Orang kaya makin gampang menambah hartanya, sementara orang miskin semakin susah menambah penghasilan,” kata Aziz.

Aziz menuturkan kondisi itu merupakan salah satu alasan mengapa dirinya mencalonkan diri di Pilgub Sulsel, bersama Nurdin Halid (NH). Dengan tagline ‘Sama-samaki Membangun Kampung’, Aziz ingin pembangunan berjalan merata untuk seluruh masyarakat.

“Karena selama ini pembangunan hanya berpusat di kota. Sementara kampung jarang tersentuh,” ujar pria yang dikenal besar dari lingkungan pesantren ini.

Konsep membangun di kampung dengan berlandaskan ekonomi kerakyatan, Aziz meyakini merupakan solusi mengatasi ketimpangan. Kota dan desa dipastikan tumbuh secara bersama-sama.

Saat ini, Aziz menyebut banyak pihak yang telah meninggalkan sistem ekonomi tersebut dan condong pada sistem ekonomi kapitalis maupun neo-liberal. Padahal, ekonomi kerakyatan dapat dibilang adalah ekonomi Pancasila yang sesuai dengan dasar negara. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top