Bahas Tiga Ranperda, DPRD Bone Bentuk Tiga Pansus – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Bahas Tiga Ranperda, DPRD Bone Bentuk Tiga Pansus

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE–Sebanyak tiga Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) menjadi prioritas DPRD Bone melalui Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) untuk dituntaskan pembahasannya tahun ini.

Tiga ranperda yang dimaksud, yakni Ranperda Pedagang Kaki Lima (PKL), Ranperda Perusahaan Umum Daerah (Perumda) dan Ranperda Retribusi Jasa Usaha.

DPRD Bone telah membentuk tiga pansus untuk membahas tiga ranperda tersebut. Targetnya, sebelum akhir Desember, ketiga ranperda ini sudah ditetapkan menjadi  peraturan daerah.

Ketua DPRD Bone, Irwandi Burhan menyebutkan, tiga pansus tersebut akan bekerja optimal, menuntaskan pembahasan tiga ranperda.

“Insya Allah, kita optimis, ketiga ranperda ini bisa segera tuntas pembahasannya dan ditetapkan menjadi perda sebelum akhir Desember,” ujarnya.

Dari tiga ranperda tersebut, satu diantaranya merupakan ranperda inisiatif DPRD Bone, yakni Ranperda Pedagang Kaki Lima.

Ketua Bapemperda DPRD Bone, Fahri Rusli menegaskan, ketiga ranperda tersebut harus tuntas tahun ini. “Insya Allah ketiga rancangan produk hukum ini, bisa ditetapkan menjadi peraturan daerah sebelum akhir tahun,” ungkap Fahri.

Ketiga Ranperda tersebut lanjut Fahri menjadi prioritas, karena akan berdampak pada peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Bone.

“Khusus Ranperda PKL ini, disamping meningkatkan PAD Bone nantinya, fungsinya untuk memperbaiki tata ruang kota. Selama ini kita lihat, penataan PKL sangat semrawut. Dengan adanya Perda ini, sudah ada acuan hukum dalam menata para pedagang kaki lima di daerah ini,” tukasnya.

Misalnya kata Fahri, di ranperda PKL, mengatur soal kawasan yang bisa ditempati PKL. “Jadi lebih tertib nantinya. Karena di ranperda itu juga sudah mengatur kawasan-kawasan yang dilarang ditempati PKL berjualan,” pungkasnya.

Anggota Bapemperda DPRD Bone, A Heryanto Bausad menambahkan, ketiga ranperda tersebut diharapkan dapat memberi kontribusi maksimal  terhadap peningkatan PAD Bone.

“Disamping PAD meningkat, pelayanan yang maksimal serta fasilitas yang baik juga menjadi harapan utama kami. Jangan cuma retribusinya saja yang mau dinaikkan tapi pelayanan dan fasilitas juga harus ditingkatkan,” pungkas politisi dari Dapil 2 Bone itu.

Selain itu, pada paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Bone, Irwandi Burhan, juga ditetapkan program pembentukan peraturan daerah Tahun 2020. Sekwan DPRD Bone, Drs Abubakar menyebutkan, ranperda yang masuk program pembentukan peraturan daerah Tahun 2020 meliputi Penanggulangan Bencana, Rencana Tata Ruang Wilayah 2012-2025, Rencana Detail Tata Ruang Kawasan Passippo, Pembangunan Industri Kabupaten Bone.

“Selain itu ada beberapa ranperda yang masuk inisiatif DPRD Bone diantaranya, Ranperda Kepemudaan, Ranperda Tata Kelola Warisan Budaya dan Ranperda Tata Kelola Penggunaan Pupuk Organik,” tutupnya.

*

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top