Baleg Kaji Naskah Akademik, Sebelum Digodok di Pansus – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Baleg Kaji Naskah Akademik, Sebelum Digodok di Pansus

Rapat Badan Legislasi DPRD Bone membahas dua ranperda inisiatif, masing-masing ranperda Bone Sehat dan Ranperda Disabilitas

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE–Badan Legislasi (Baleg) DPRD Kabupaten Bone, kembali menggodok naskah akademik dua rancangan peraturan daerah (Ranperda) inisiatif DPRD, masing-masing ranperda Bone Sehat dan ranperda disabilitas.

DPRD Bone melalui Badan Legislasi kembali mengkaji naskah akademik dua ranperda inisiatif.
Masing-masing ketua inisiasi, memaparkan pentingnya ranperda tersebut ditetapkan menjadi produk hukum berupa peraturan daerah (Perda).

Ketua inisiasi ranperda Bone Sehat, H Kaharuddin mengatakan, poin-poin yang dianggap rancu di naskah akademik, telah dibenahi sebelum disodorkan masuk ke pansus untuk dibahas.
Senada diungkapkan Ketua inisiasi ranperda disabilitas, A Saipul.

Sementara Konsultan Akademik Ranperda Bone Sehat dari kalangan kademisi Prof Syahruddin Nawi mengatakan Ranperda tersebut dibuat berdasarkan landasan filosofis, sosiologis dan yuridis.

“Kajian ini dengan menampung keinginan warga Bone melalui Uji publik dan focus diskusi group (FGD), sehingga landasannya adalah pandangan tokoh masyarakat yang dilakukan uji petik di kecamatan yang menjadi representasi Kabupaten Bone, “ kata Syahruddin.

Terpisah, Ketua Baleg DPRD Bone, A Muh Idris Alang menyebutkan, kedua ranperda tersebut telah rampung dibahas dibaleg. Selanjutnya, ranperda disodorkan ke pimpinan untuk dibahas di badan musyawarah, membicarakan agenda paripurna khusus.

“Jadi, di paripurna khusus nanti menjadi penentuan, apakah diterima atau ditolak. Kalau diterima, baru dibentuk pansus untuk dibahas dan selanjutnya disahkan menjadi peraturan daerah,” tutupnya.

(*)

To Top