Balon Kades Harus Bebas Narkoba – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Balon Kades Harus Bebas Narkoba

Balon kades saat mengikuti ujian tertulis pada pilkades serentak jilid I tahun 2015.

WATAMPONE, RB—Bakal calon kepala desa yang akan bertarung dalam pilkades serentak 2016 dituntut tidak hanya sehat jasmani dan rohani. Tapi mereka juga harus terbebas dari pengaruh narkoba. Karenanya, salah satu persyaratan dalam pendaftaran, balon kades wajib melampirkan keterangan bebas narkoba yang dikeluarkan oleh rumah sakit.

Tak pelak, kebijakan ini membuat RSUD Tenriawaru diserbut pemohon surat keterangan berbadan sehat jasmani dan bebas narkoba.
Humas RSUD Tenriawaru Watampone, Muh Ramly tidak membeberkan jumlah surat keterangan bebas narkoba yang sudah dikeluarkan bagi bakal calon kades. Pasalnya, kata dia pemeriksaan berbadan sehat dan bebas narkoba dilakukan secara bersama-sama dengan pasien umum.

“Pasien yang datang periksa kesehatannya datanya tidak dipisahkan antara bakal calon kepala desa dengan pasien lainnya. Kemudian pada saat pemeriksaan kesehatan juga tidak ditulis kalau yang diperiksa kesehatannya itu adalah bakal calon kepala desa. Tapi sampai saat ini sudah ada ratusan yang datang untuk mendapatkan surat ketera-ngan berbadan sehat dan bebas narkoba,” ungkap Ramly saat ditemui RADAR BONE, Rabu 12 Oktober lalu.

Pemeriksaan kesehatan dan keterangan bebas narkoba ini tidak gratis. Setiap bakal calon yang ingin mendapatkan surat keterangan berbadan sehat dan bebas narkoba harus mengeluarkan biaya sebesar Rp147.000. Dengan perincian biaya surat keterangan berbadan sehat Rp7.500 dan biaya surat ke-terangan bebas narkoba sebesar Rp140 ribu per orang.
Nah, jika melihat jumlah ang-ka pendaftar balon kades mencapai 442 orang, maka pihak RSUD Tenriawaru diperkirakan akan membukukan pendapatan sekira Rp65.195.000 dari pemeriksaan kesehatan dan narkoba tersebut.
Lanjut Ramli, dari hasil pemeriksaan tersebut, belum ditemukan balon kades yang diketahui sebagai pecandu narkoba.

*ASKAR SYAM

To Top