Baznas Tetapkan Hak Amil Hanya 12,5 Persen Dari Zakat Fitrah – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Baznas Tetapkan Hak Amil Hanya 12,5 Persen Dari Zakat Fitrah

Drs H Zainal

RADARBONE.CO.ID, WATAMPONE– Surat Edaran Badan Amil Zakat Nasional Nomor 2 Tahun 2018 tentang Pelaksanaan, Pengumpulan dan Pendistribusian Zakat Fitrah yang ditetapkan Ketua Baznas Prof Dr Bambang Sudibyo MBA, CA Per Tanggal 12 Juni 2018.

Menegaskan empat poin penting yakni UU Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat.

Di situ ditekankan setiap orang yang dengan sengaja melawan hukum tidak melakukan pendistribusian zakat sesuai dengan ketentuan terancam 5 tahun pidana dan atau denda dengan paling banyak Rp500 juta.

Selanjutnya, PMA Nomor 52 tahun 2014 tentang syarat dan tata cara perhitungan zakat maal dan zakat fitrah serta pendayagunaan zakat untuk usaha produktif.

Kemudian Peraturan Baznas Nomor 1 Tahun 2016. Pada pasal 8 ayat (1) menyatakan penerimaan hak amil dari dana zakat paling banyak 12,5 persen dari penerimaan dana zakat.

Di poin berikutnya dijelaskan bahwa Peraturan Baznas Nomor 2 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Tata Kerja Unit Pengumpul Zakat (UPZ).

Di dalam regulasi itu pada Pasal 35 ayat (8) bahwa UPZ mendapat bagian Hak Amil paling banyak 12,5 persen dari realisasi tugas pembantuan pendistribusian dan pendayagunaan zakat.

Ketua Baznaz Bone Drs H Zainal mengaku telah menindaklanjuti surat edaran Baznas tersebut.

Bahkan surat keputusan tentang persentase penyaluran zakat fitrah di setiap UPZ Kabupaten Bone yang menimbulkan gejolak di media sosial terkait Camat Kepala KUA masing masing mendapat 2,5 persen dan Kepala Desa/Lurah masing-masing mendapat 5 persen, sementara Fakir Miskin hanya mendapat 50 persen telah dicabut.

“Kini kami Baznas kabupaten telah mengacu Surat Edaran Badan Amil Zakat Nasional Nomor 2 Tahun 2018 tentang Pelaksanaan, Pengumpulan dan Pendistribusian Zakat Fitrah yang ditetapkan Ketua Baznas Prof Dr Bambang Sudibyo MBA, CA Per Tanggal 12 Juni 2018. Dimana dalam surat edaran itu menegaskan bahwa Hak Amil dari dana zakat paling banyak 12,5 persen,” jelasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top