Begini Cara Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bone Kelola Sampah Rumah Tangga – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Begini Cara Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bone Kelola Sampah Rumah Tangga

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE–Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bone terus mengoptimalkan gagasan pengelolaan sampah rumah tangga dengan percontohan 3 kecamatan di daerah.

Hal ini disampaikan Jamaluddin ST MT, Kabid Penaatan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bone, saat menjadi Peserta Diklat Kepemimpinan Tk. III Angkatan XVII Tahun 2017 PKP2A II LAN Makassar, untuk Proyek Perubahan (Proper) mengambil Judul Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Tingkat Dusun di Kabupaten Bone dengan Lokus 3 Dusun di 3 Kecamatan yaitu Dusun Wanuae Desa Poleonro Kecamatan Lamuru, Dusun Lompo Desa Cinennung Keccamatan Palakka dan Dusun Belawae Desa Ajang Pulu Kecamatan Sibulue.

Menurut Jamaluddin dia memilih ke-3 dusun karena memiliki jumlah penduduk yang tergolong padat.

Diharapkan bisa menjadi pilot project dalam pengelolaan sampah rumah tangga secara tuntas yang mana wilayah pedesaan atau luar kota selama ini belum menjadi perhatian dalam mengelola sampah.

“Melalui kegiatan yang kami gagas diharapkan bahwa untuk ketiga dusun bisa mengelola sampah dengan maksimal, melalui kegiatan yg diberikan mulai dari sosialisasi pengelolaan sampah rumah tangga, pelatihan pemilihan sampah, pelatihan daur ulang dan pelatihan pengomposan, begitu juga melibatkan sekolah dasar yang ada didesa masing-masing yang menjadi lokus kegiatan,” ungkapnya.

Jamaluddin ST MT

Diakhir kegiatan dilakukan evaluasi melalui kegiatan lomba pemilahan sampah dan daur ulang tingkat dusun maupun ditingkat sekolah dasar serta melalui kuesioner untuk melihat sejauh mana pengelolaan sampah rumah tangga di tiga dusun tersebut.

“Harapannya yang utama agar lingkungan menjadi bersih, sehat, dan ada nilai ekonomis yang bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat dari kegiaatan pengelolaan sampah tersebut, baik langsung ataupun tidak langsung dalam memberikan manfaat kepada masyarakat sekitar,” tukasnya.

Termasuk kata Jamaluddin, memaksimalkan pencapaian target, dalam hal ini pelibatan kelompok masyarakat tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh masyarakat, babinkantibmas, babinsa setempat serta semua stakeholder yg terlibat.

*

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top