Mengabdi di Desa Terpencil, Begini Perjuangan Dokter di Puskesmas Tellulimpoe – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Mengabdi di Desa Terpencil, Begini Perjuangan Dokter di Puskesmas Tellulimpoe

RADARBONE.CO.ID–Tak seperti penduduk perkotaan, mereka yang tinggal di daerah pedesaan harus mengalami banyak tantangan untuk mengakses pelayanan kesehatan.

Apalagi jika desa tersebut sangat sulit dijangkau moda transportasi.
Di Kabupaten Bone, Sulsel, masih banyak desa yang masih dikategorikan terpencil. Salah satunya di Kecamatan Tellulimpoe.
Jangan membayangkan mewahnya fasilitas kesehatan seperti rumah sakit, karena ketersediaan dokter di daerah terpencil masih sangat terbatas.

Di Puskesmas Tellulimpoe, masyarakat sudah sangat akrab dengan Dokter Eka.

Mengabdi di kecamatan itu sejak Tahun 2014, dokter yang murah senyum ini, tak jarang harus berjalan kaki puluhan kilometer demi menjangkau desa terjauh di Tellulimpoe.

“Saya bertugas di puskesmas ini hampir lima tahun. Ini pengabdian dan ladang amal bagi saya,” ujarnya kepada radarbone.co.id, Kamis 23 Agustus kemarin.

dr Eka mengaku, banyak desa di Tellulimpoe yang untuk menjangkaunya harus melalui jalur yang menantang.
Bahkan ada desa kata dia, yang harus melewati kabupaten lain untuk menjangkaunya.

” Di Desa Sadar itu, kita harus lewat di Kabupaten Barru, untuk bisa menjangkaunya. Kami setiap dua bulan sekali wajib datang dan mengontrol kesehatan masyarakat. Pelayanan kesehatan yang optimal, bagi kami itu yang paling utama,” ujarnya.

Ia menegaskan, ikhlas mengabdi di Kecamatan Tellulimpoe. Bahkan tak jarangz masyarakat membayar pelayanan kesehatan menggunakan sayur, karena tak memiliki biaya.

“Ada beberapa pasien yang kita tangani, itu masuk kategori swasta. Mereka tidak punya biaya. Bahkan saya pernah dikasih Sayur karena masyarakat itu tidak punya biaya untuk berobat. Padahal dia masuk pasien swasta. Yah kita maklumi, karena memang kita tidak bisa paksakan warga yang kurang mampu. Yang terpenting bagi kami adalah, masyarakat disini mendapatkan pelayanan kesehatan yang optimal,” kuncinya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top