Benahi Jalur Mudik! – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Benahi Jalur Mudik!

Pekerjaan pelebaran jalan mulai Taccipi menuju ke Kota Watampone dilaksanakan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional XIII Makassar Dirjen Binda Marga Kementerian PUPR, beberapa waktu lalu. Pelebaran jalan ini ditargetkan rampung Desember nanti. Di bagain ruas jalan berlubang di poros Bone-Wajo, tepatnya di Desa Jaling, Kecamatan Awangpone.

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE–Kerusakan jalan masih ditemui pada jalur mudik. Bahkan, kerusakan jalan ini kerap memicu terjadinya kecelakaan lalu lintas. Instansi terkait pun diminta segera membenahi kerusakan
jalan tersebut.

Setidaknya ada tiga jalan poros yang menjadi jalur mudik di daerah ini, yakni poros Bone-Makassar, Poros Bone-Sinjai dan Poros Bone-Wajo. Pada ketiga jalur penghubung antar daerah ini masih ditemukan kerusakan yang berpotensi menimbulkan kecelakaan lalu lintas. Salah satu contohnya, yakni pada poros Bone-Wajo, tepatnya di Desa Jaling, Kecamatan Awangpone.

Kerusakan jalan di kawasan ini beberapa kali memicu kecelakaan lalu lintas. Kasus terbaru, yakni pada Sabtu, 17 Juni lalu sekira pukul 09.27 Wita, seorang pengendara motor asal Parepare mengalami kecelakaan tunggal saat melintas di titik jalan berlubang. Karena tak bisa menghindari lubang jalan, pria ini terjatuh dari motor bersama anaknya.

“Menurut informasi beberapa warga sekitar, sudah tiga kali terjadi kecelakaan. Bapak Khainuddin salah satu korban kecelakaan yang berasal dari Parepare bersama anaknya yang jatuh di lubang jalanan,” ungkap Hana Risal, seorang saksi mata..

Akibat kejadian itu, sambung Hana, pria yang mengendarai motor bernomor polisi DP 3564 DT tersebut pun kehilangan beberapa gigi, serta mengalami luka pada bagian muka dan lutut.

Kepala Desa Jaling, Ardi membenarkan kerusakan jalan di wilayahnya. “Memang banyak jalan yang berlubang di sini (Jaling), seperti di Dusun II, III dan IV. Mudah-mudahan segera dibenahi,” harap Ardi.

Wakil Ketua Komisi III DPRD Bone, Kaharuddin mengatakan pihaknya telah menyambangi Kantor Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional XIII Makassar terkait kerusakan jalan jelang mudik lebaran. “Sebelum puasa, kita datangi Balai Besar Jalan Nasional Makassar. Kita minta semua dibenahi jalan yang menjadi jalur mudik,” ungkap Kaharuddin saat dihubungi RADAR BONE, Minggu, 18 Juni kemarin.

Pihak Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional XIII Makassar yang dikonfirmasi RADAR BONE, Minggu, 18 Juni kemarin menyatakan tengah melakukan pembenahan jalan. PPK 12 Direktorat Jenderal Bina Marga Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional XIII Makassar, R.P. Martstiawan D yang menangani Koridor Batas Kabupaten Maros-Pelabuhan Bajoe, mengatakan pihaknya telah bekerja melakukan pembenahan terutama pada ruas jalan yang dalam pelebaran. “Sudah kita benahi. Di lokasi pelebaran kita rapikan semua,” kata Martstiawan kepada RADAR BONE, Minggu, 18 Juni kemarin.

Martstiawan mengungkapkan perbaikan jalan dilakukan mulai km 97 sampai ke Pelabuhan Bajoe. Terkhusus di lokasi pelebaran, dilakukan pembenahan dengan merapikan. Kemudian di lokasi lain dilakukan pemeliharaan rutin. “Seperti di Koppe sampai Taccipi, sempat dua tahun rusak, kini sudah baik,” jelas pria yang akrab disapa Iwan itu.

Untuk pelebaran jalan, sambung Iwan, mulai Ujung Lamuru sampai ke perbatasan Koppe sudah dilakukan pelebaran sepanjang 4 km. Sementara mulai Taccipi-Batas Kota Watampone ditargetkan rampung Desember nanti.

“Dari Ujung Lamuru sampai batas Koppe itu sudah 4 km selesai pelebaran dari target 19,9 km. Semuanya sudah lebar 7 meter. Untuk Taccipi ke batas kota ditargetkan rampung hingga Desember 2017,” jelasnya.

Terkhusus di poros Bone-Wajo, kata dia ditangani PPK 9, Abd Syahid. Syahid bertanggungjawab mulai perbatasan Sinjai hingga Wajo. Syahid yang berusaha dikonfirmasi via sambungan telepon, Minggu, 18 Juni kemarin, tak menjawab panggilan RADAR BONE.

*

To Top