Berkah Ramadan, Bone Raih WTP Keempat – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Berkah Ramadan, Bone Raih WTP Keempat

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE–Pemerintah Kabupaten Bone kembali mengukir prestasi terkait pengelolaan keuangan daerah. Pemkab berhasil mendapatkan opini wajar tanpa pengecualiaan (WTP) dari BPK RI, Senin, 20 Mei kemarin. Ini merupakan WTP yang keempat kalinya diraih pemkab secara berturut-turut sejak 2015, 2016, 2017 dan Tahun 2018.

Pengumuman raihan opini WTP ini disampaikan BPK disela penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan BPK RI terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Bone Tahun 2018 dari Kepala Badan Pemeriksa Keuangan RI Perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan Wahyu Priyono kepada Bupati Bone, Dr HA Fahsar Mahdin Padjalangi MSI di auditorium BPK RI Perwakilan Sulsel. Turut mendampingi Bupati Bone, menerima penghargaan WTP, Ketua DPRD Bone, Drs A Akbar Yahya.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Bone, Drs A Fajaruddin MM mengatakan opini WTP ke-4 ini berhasil diraih setelah melalui proses audit yang cukup panjang yang berlangsung selama  60 hari (30 hari audit pendahuluan plus 30 hari audit substantif/terinci).

“Opini WTP atas Laporan Keuangan Pemkab Bone Tahun 2018 merupakan opini WTP yang keempat kalinya secara berturut-turut, dimulai pemeriksaan LKPD Tahun 2015, 2016, 2017 dan Tahun 2018,” kata Fajaruddin.

Lanjut pria yang akrab disapa Andi Ancha ini, Opini WTP diraih setelah pemeriksaan terhadap Laporan Keuangan Pemkab Bone dinyatakan telah memenuhi empa kriteria. Pertama, kesesuaian penyajian laporan keuangan dengan Standar Akuntansi Pemerintahan berdasarkan PP 71 Tahun 2010. Kedua, kecukupan pengungkapan informasi laporan keuangan. Ketiga, efektivitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah Daerah. Dan keempat, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan.

Pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah, lanjut dia,  bertujuan untuk memperoleh keyakinan yang memadai, apakah laporan keuangan bebas dari salah saji material, sesuai dengan standar pemeriksaan keuangan negara (SPKN). Disamping itu, Auditor BPK-RI juga melakukan pengujian kepatuhan terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan, kecurangan, serta ketidakpatuhan yang berpengaruh langsung pada material terhadap penyajian laporan keuangan.

Setelah mengaudit laporan keuangan pemerintah daerah,  BPK berhak memberikan pernyataan opini (pernyataan profesional) tentang tingkat kewajaran informasi yang disajikan dalam Laporan Keuangan Pemerintah Daerah.

“Dan Alhamdulillah berkah Ramadan, dari hasil audit Tim BPK RI yg berlangsung selama 60 hari, Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Bone Tahun 2018 kembali meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), dan ini merupakan opini WTP yang keempat kalinya secara berturut-turut,” tegas Ancha.

Mantan Kabag Humas Pemprov Sulbar ini tetap berharap masukan dari semua pihak untuk menutupi kekurangan-kekurangan yang masih ada.

“Kami juga menyadari sepenuhnya bahwa dibalik opini WTP yang telah diraih, tentu masih banyak kekurangan-kekurangan dan ketidak sempurnaan. Olehnya itu  senantiasa  dibutuhkan saran, masukan serta koreksi konstruktif dari semua pihak dalam rangka perbaikan dan penyempurnaan.

Terima kasih atas doa dan dukungannya, Semoga Tuhan senantiasa memberikan rahmat dan karuniaNya kepada kita semua,” kunci Fajaruddin.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top