Berstatus Tersangka, Warga Desak Copot Kades Pattiro Sompe – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Berstatus Tersangka, Warga Desak Copot Kades Pattiro Sompe

RADARBONE.CO.ID–Sejumlah warga Desa Pattiro Sompe Kecamatan Sibulue, mendesak pemerintah daerah segera memberhentikan A Mappatokkong selaku kepala desa setelah ditetapkan sebagai tersangka atas kasus dugaan pungli pengurusan sertifikat prona.

Tuntutan itu disuarakan masyarakat saat rapat kerja dengan Komisi I DPRD Bone, Selasa 11 Desember kemarin. Koordinator pembawa aspirasi, Abd Qahar mempertanyakan alasan Pemda tidak memberhentikan kepala desa tersebut. Padahal statusnya tersangka atas kasus dugaan pungli prona.

“Di Permendagri Nomor 66 Tahun 2017, beberapa poinnya disitu mengatur soal pemberhentian kepala desa. Kepala desa dapat diberhentikan jika tidak melaksanakan tugasnya sebagai kepala desa dan ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi,” ujarnya.

Sementara itu, Kasubag Hukum, A Erni Dahlan menjelaskan, belum bisa memberhentikan kepala desa tersebut, selama belum ada putusan inkrah dari pengadilan.
“Kita juga belum menerima salinan dari pihak penegak hukum terkait status tersangka kepala desa tersebut. Jangan sampai kita berhentikan, kita dituntut di TUN (Pengadilan Tata Usaha Negara),” ujar Erni.

Anggota Komisi I DPRD Bone, HA Suaedi turut menegaskan, harus ada putusan yang inkrah yang menjadi rujukan pemda dalam memberhentikan Kepala Desa Pattiro Sompe.
“Jadi memang perlu ada kehati-hatian dari pemerintah daerah, untuk kasus ini. Jangan sampai diberhentikan, kemudian ada putusan pengadilan menyatakan yang bersangkutan tidak bersalah,” tukas Suaedi.

Rapat yang dipimpin Ketua Komisi I DPRD Bone, HAM Amin Mangunsara itu, akhirnya melahirkan keputusan bahwa pemda belum dapat memproses pemberhentian sementara, oleh karena belum ada keputusan inkrah dari lembaga berwenang.

*

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top