Bhabinkamtibmas Polsek Dua Boccoe Imbau Aktifkan Poskamling – Radar Bone

benner-bupati-sinjai1
Berita Terkini

Bhabinkamtibmas Polsek Dua Boccoe Imbau Aktifkan Poskamling

20161013_170422
Brigpol Muh. Asri, bhabinkamtibmas Desa Matajang, Desa Padacenga dan Desa Watang Padacenga saat melakukan pendataan.

DUABOCCOE,RB–Bhabinkamtibmas Polsek Dua Boccoe Polres Bone, aktif turun ke desa sebagai wujud fungsi dari kepolisian mengayomi masyarakat.

Disetiap desa, Kapolsek Dua Boccoe, AKP Arisal SH, menempatkan personil bhabinkamtibmas sebagai wujud memberikan rasa aman kepada masyarakat.

Kapolsek menegaskan, di setiap desa dan kelurahan, pihaknya sudah menempatkan Bhabinkamtibmas yang salah satu tugasnya untuk menjadi penggerak program siskamling agar tercipta situasi aman, nyaman dan kondusif.

Menurut dia, pola pengamanan yang merupakan bentuk peran aktif masyarakat tersebut jika dilaksanakan akan bermanfaat bagi warga setempat dan diyakini akan mampu mengatasi berbagai kemungkinan tindak kriminal dari lingkungan terkecil.

“Setiap anggota Bhabinkamtibmas harus berbaur bersama warga desa binaannya dan memberikan pelayanan optimal jika diperlukan karena petugas tersebut merupakan perpanjangan tangan kepolisian yang berada langsung di tengah masyarakat,” pungkas mantan Kasat Intel Polres Bone tersebut.

BACA JUGA  Catat!, Politisi Dilarang Jadi Pengurus Komite Sekolah

Terpisah, Bhabinkamtibmas Desa Matajang, Desa Padacenga dan Desa Watang Padacenga Polsek Dua Boccoe, Brigpol Muh Asri mengatakan, setiap pekan aktif melaksankan kunjungan ke rumah masyarakat sekaligus membagikan kartu nama guna memudahkan komunikasi, termasuk menempelkan sticker kunjungan.

“Kami dari bhabinkamtibmas, juga mengimbau masyarakat agar mengaktifkan kembali sistem keamanan lingkungan (siskamling) untuk mengantisipasi berbagai gangguan keamanan dan ketertiban,” ungkapnya.

Siskamling lanjut dia, merupakan pola pengamanan swadaya masyarakat dalam menjaga lingkungan dan terbukti mampu meminimalkan berbagai tindak kriminal. “Sekali lagi kami harapkan warga kembali mengaktifkan kegiatan itu,” ujarnya.

“Selain menjadi penggerak siskamling, kapolsek juga memerintahkan seluruh Bhabinkamtibmas untuk melakukan pendataan terhadap warga pendatang. Mereka (warga pendatang) wajib didata agar mudah dalam memantau keamanan lingkungan,” kata dia.

Untuk memudahkan proses pendataan, Bhabinkamtibmas aktif berkoordinasi dengan perangkat desa. “Dalam menjaga keamanan dan ketertiban bukan semata-mata tugas dan tanggung jawab polisi, namun peran aktif masyarakat sangat diperlukan,” pungkasnya.

BACA JUGA  Ramadan, PDIP Bone Safari Politik

*ASKAR SYAM

Click to comment
To Top