Biaya Pengobatan Gagal Jantung Dijamin BPJS Kesehatan – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Biaya Pengobatan Gagal Jantung Dijamin BPJS Kesehatan

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE–BPJS Kesehatan menjamin pengobatan penyakit gagal jantung bagi  peserta JKN–KIS. Setidaknya ini telah dibuktikan peserta JKN-KIS kelas III Noka 0000934455767 atas nama Andi Waji, seorang warga desa Mattiro Walie Kecamatan Bengo Kabupaten Bone.

Pasien ini menderita penyakit gagal jantung kongestif atau Congestive Heart Failure (CHF), adalah keadaan dimana jantung tidak dapat memompa darah secara optimal yang akan disalurkan ke seluruh tubuh yang memerlukan. Gejala awal yang ia rasakan adalah lemas, batuk dan sesak nafas.

Menurut pengakuan anaknya, Andi Waji telah mengidap penyakit tersebut sejak satu tahun terakhir. Andi Waji pun kini dirawat di RS Hapsah. Ia merupakan peserta PBI APBN sehingga tidak dibebankan iuran setiap bulannya, melainkan ditanggung oleh pemerintah.

“Jadi kami sangat merasa terbantu dalam hal perekonomian keluarga yang penghasilan utama kami hanya dari hasil berdagang,” kata putri ibu ini.

Di tahun 2017, Andi Waji juga pernah dirawat selama beberapa hari di rumah sakit yang sama tanpa dikenakan biaya sedikit pun.

“Begitu pula jika menggunakan rawat jalan di faskes tingkat pertama dalam hal ini puskesmas Bengo. Keluarga sangat berterima kasih atas program JKN–KIS ini. Kami tidak mampu untuk membiayai semua biaya pengobatan ibu selama masa perawatan jika tanpa menjadi peserta JKN-KIS,” tutur anak Andi Waji di hadapan petugas BPJS Kesehatan Cabang Watampone. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top