Bikin Terminal Bayangan Didenda Rp1.500.000 – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Bikin Terminal Bayangan Didenda Rp1.500.000

Sekretaris Satpol PP, A Mappangara

PENULIS : USMAN SOMMENG

WATAMPONE, RB—Pemerintah Kabupaten Bone akhirnya membuat regulasi untuk menertibkan keberadaan terminal bayangan di daerah ini.
Regulasi penertiban terminal bayangan tersebut diatur dalam peraturan daerah (Perda) yang disahkan di DPRD Bone, pekan lalu.
Sekretaris Badan Satpol PP Bone, Drs A Mappangara, MSi mengatakan dalam perda tersebut ada dua sanksi denda yang diberlakukan, yakni ada denda terhadap pelanggaran terhadap kewajiban dan pelanggaran terhadap larangan.
Terkhusus, untuk terminal bayangan, kata Mappangara diatur dalam pasal 9 Perda Ketentraman, Perlindungan dan Ketertiban Masyarakat tersebut.

“Terkait terminal bayangan juga diatur dalam perda ini. Pada pasal 9 dijelaskan, membuat atau mendirikan terminal bayangan dendanya Rp1.500.000,” kata pejabat yang sudah dikali menduduki posisi sekretaris tersebut.
Lebih jauh Mantan Sekretaris Dinkes dan Sekretaris Dispora ini mengungkapkan, bahwa terminal bayangan merupakan persoalan klasik yang tak pernah tuntas ditertibkan. Dengan adanya payung hukum, maka dia berharap terminal bayangan tak lagi dijumpai nantinya.

“Di Bone ini ada beberapa titik terminal bayangan yang tidak pernah ditertibkan. Makanya, dengan adanya perda ini, maka yang terlibat dalam terminal ba-yangan tersebut akan dikenakan sanksi denda,” tegas pejabat yang sebentar lagi mendapat tanda kehormatan setyalancana karya satya pengabdian 30 tahun berkarir sebagai PNS pada upacara HUT Proklamasi Kemerdekaan ke-71 nanti.

Selain denda bagi yang mendirikan dan membuat terminal baya-ngan, dalam perda ini juga mengatur soal aktivitas menaikkan dan menurunkan penumpang bagi angkutan umum. Jika, menaikkan dan menurunkan penumpang di luar halte, maka siap-siap untuk didenda Rp500 ribu.

To Top