Bilik dan Kotak Suara Berbahan Kardus Tiba di Bone. KPU Siapkan Gudang Khusus – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Bilik dan Kotak Suara Berbahan Kardus Tiba di Bone. KPU Siapkan Gudang Khusus

Logistik pemilu berupa kotak dan bilik suara berbahan kardus, telah tiba di Bone. KPU menyiapkan gudang khusus untuk menampung logistik itu

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE–Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bone, tetap akan menggunakan kotak dan bilik suara berbahan alumunium di sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang dinilai rawan. Logistik berbahan alumunium itu, disiapkan untuk daerah-daerah yang medannya ekstrim dan sulit dijangkau.

KPU Sulsel telah mendistribusikan logistik Pemilu 2019, berupa kotak dan bilik suara berbahan kardus ke KPU Bone. Totalnya, mencapai ribuan kotak dan bilik. KPU menyiapkan gudang khusus untuk penyimpanan logistik tersebut. Gudang penyimpanan kotak dan bilik suara, kedap air dan tidak lembab. Hal ini bertujuan agar kotak dan bilik suara tersebut tetap terjaga kualitasnya.

Sekadar diketahui, khusus pada Pemilu kali ini, KPU memang memberikan standar khusus untuk penyimpanan logistik, seperti harus kering, dan tidak mudah lembap. Mengingat, bahan dasar logistik seperti kotak dan bilik suara dari kardus, sangat mudah rusak bila terkena air.

“Kita siapkan gudang khusus. Logistik pemilu 2019 tidak dicampur dengan logistik lama,” ungkap Kasubag Teknis KPU Bone, Rita Febrianti kepada RADAR BONE, Sabtu 27 Oktober kemarin.
Staf KPU Bone, Agus mengatakan, jumlah bilik suara yang terdistribusi sebanyak 7.850 bilil. Sementara kotak suara, jumlahnya 8.765.

Sementara itu, Komisioner KPU Bone, Harmita menegaskan, pihaknya tetap akan menggunakan kotak dan bilik suara di TPS tertentu. TPS yang dimaksud adalah, lokasinya yang harus ditempuh melewati sungai dan lokasi-lokasi lainnya.

KPU lanjut dia, telah memetakan TPS yang masuk kategori rawan. Ia menegaskan, ada beberapa wilayah di Kabupaten Bone yang tetap akan menggunakan kotak suara berbahan alumunium. Misalnya lanjut Harmita, TPS di wilayah Kecamatan Cenrana, Libureng dan beberapa TPS di wilayah Kecamatan Tellulimpoe dan Bengo.

“Data-datanya semuanya sudah kita kirim ke KPU Provinsi. Yang jelas, wilayah yang memang tidak memungkinkan untuk menggunakan kotak berbahan kardus, itu tetap kita gunakan kotak berbahan alumunium,” tukasnya. Harmita menyebutkan, data sementara ada 400 ribu lebih TPS yang tetap akan menggunakan kotak suara berbahan alumunium. “Itu baru data sementara yah, sifatnya belum final,” tukasnya.

*

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top