BKDD Bone Proses Pergantian Kepsek ‘Kadaluarsa’ – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

BKDD Bone Proses Pergantian Kepsek ‘Kadaluarsa’

Kepala BKDD Kabupaten Bone, Drs HA Islamuddin

PENULIS : ROSDIANA SULJA

WATAMPONE, RB—Kepala Badan Kepegawaian Diklat Daerah (BKDD) Kabupaten Bone, Drs HA Islamuddin mengakui pihaknya telah mene-rima berkas usulan pergantian kepala sekolah yang over masa tugas dari Dinas Pendidikan.
“Pegawai kami saat ini meneliti berkas calon yang diusulkan apakah memenuhi syarat atau tidak,” tegasnya.

Pejabat yang baru saja tiba dari tanah suci usai menunaikan ibadah haji ini menambahkan, dalam memproses berkas kepsek, pihaknya tetap mengacu pada aturan dan mekanisme yang ada. “Permendagri Nomor 28 Tahun 2010 menjadi acuan kami. Jika memang usulan itu sesuai, maka kami akan proses lebih lanjut,” urainya.

Hanya saja, Islamuddin mengaku belum mengetahui perkembangan terakhir dari tindaklanjut proses usulan tersebut. Pasalnya, hingga saat ini dirinya masih dalam masa cuti. “Sudah hampir sebulan saya tidak masuk kantor dan cuti saya masih jalan hingga tiga hari ke depan,” katanya saat melalui sambungan saat dihubungi RADAR BONE, Rabu 5 Oktober lalu.

Dinas Pendidikan Kabupaten Bone telah mengirim daftar usulan pergantian kepala sekolah ‘kadaluarsa’ atau yang over masa tugas ke BKDD Bone sejak Agustus lalu. Usulan pergantian tersebut mengacu pada Pemendiknas Nomor 28 Tahun 2010 yang mengatur masa tugas guru sebagai kepala sekolah.  Pada pasal 10 di Permendiknas itu, disebutkan kepala sekolah diberi satu kali masa tugas selama empat tahun. Masa tugas kepala sekolah sebagaimana dimaksud, dapat diperpanjang satu kali masa tugas, dengan catatan memiliki prestasi kerja minimal baik berdasarkan penilaian kinerja.

Selain itu, guru yang melaksanakan tugas tambahan sebagai kepala sekolah dua kali masa tugas berturut-turut, dapat ditugaskan kembali menjadi kepala sekolah lain yang memiliki nilai akreditasi lebih rendah dari sekolah sebelumnya.
Apabila telah melewati tenggang waktu sekurang-kurangnya satu kali masa tugas atau memiliki prestasi yang istimewa.

Prestasi istimewa sebagaimana dimaksud adalah memiliki nilai kerja amat baik dan berprestasi di tingkat kabupaten, provinsi maupun nasional. Data yang dihimpun RADAR BONE terungkap, jumlah kepala sekolah yang telah over masa tugas dan sejatinya sudah diganti, yakni mencapai angka 490 orang. Dengan perincian, Kepala TK sebanyak 178 orang, Kepala SD sebanyak 282 orang, Kepala SMP,20 orang dan Kepala SMA 10 orang.

 

To Top