BLHD Bone Gagas Kampung Biogas – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

BLHD Bone Gagas Kampung Biogas

Kepala BLHD Bone, Ir Asmar Arabe MM melihat langsung penggunaan biogas di salah satu rumah penduduk di Bone

PENULIS : USMAN SOMMENG

WATAMPONE, RB—Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Kabupaten Bone, Sulsel, serius mengembangkan program biogas bagi kalangan warga tak mampu di daerah ini.
BLHD kini mengagas kampung biogas, dimana warga di kampung tersebut menjadikan biogas sebagai sumber energi dalam kehidupan sehari-hari.  Warga tak lagi menggunakan elpiji untuk menyalakan kompor, melainkan menggunakan gas dari pengolahan kotoran sapi yang disebut biogas. Salah satu desa yang dijadikan sebagai kampung biogas adalah Desa Cabbeng Kecamatan Dua Boccoe.

Kepala BLHD Kabupaten Bone, Ir Asmar Arabe, MM mengatakan sudah 20-an kepala keluarga di desa tersebut mengolah kotoran sapi menjadi biogas.  “Ada 20-an kepala keluarga di sana (Cabbeng) sudah memanfaatkan biogas sebagai sumber energi untuk memasak, bahkan untuk penerangan lampu di rumah,” kata Asmar kepada RADAR BONE, Rabu 13 Juli 2016.
Asmar mengakui, melihat keberhasilan warga yang telah menerima bantuan program bio-gas, warga lain pun melirik untuk mengolah kotoran sapi menjadi biogas. Karenanya, dia menargetkan di Desa Cabbeng, program biogas akan menyasar antara 50-100 kepala keluarga.

Setelah kampung biogas di Cabbeng sukses, lanjut Asmar, pihaknya akan melebarkan program tersebut ke wilayah yang lain. “Harapan kita nanti, satu wilayah menggunaka energi terbarukan, seperti menggunakan kotoran sapi yang diiolah menjadi biogas. Ini nanti akan dikembangkan ke daerah lain,” paparnya.
Selain Cabbeng, kata Asmar, penggunaan energi biogas juga sudah dilakukan warga Desa Kajuara Kecamatan Awangpone. Bahkan, warga setempat, kata Asmar sudah memanfaatkan biogas untuk energi penerangan lampu.

Biogas adalah suatu gas yang dihasilkan dari proses anaerobik (Fermentasi) bahan-bahan organik, seperti kotoran manusia, limbah rumah tangga dan juga kotoran hewan. Kehadiran biogas dapat mengurangi penggunaan elpiji.

*ASKAR SYAM

To Top