Bone Peringkat Pertama Pelaksanaan E-PUPNS – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Bone Peringkat Pertama Pelaksanaan E-PUPNS

Sekretaris BKDD Bone A Tenriawaru berpose bersama pemenang BKN Award 2016 di sela penerimaan award, Kamis 26 Mei lalu di Jakarta.

BKN Awards 2016

PENULIS : ROSDIANA SULJA

WATAMPONE, RB—Pelaksanaan pendataan ulang pegawai negeri sipil secara elektronik (E-PUPNS) di daerah ini beberapa waktu lalu, mendapat apresiasi positif dari Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Dalam penganugerahan BKN Award 2016, Kabupaten Bone dinobatkan sebagai juara I pelaksanaan E-PUPNS tingkat kabupaten/kota. BKN Award 2016 tersebut diterima Sekretaris BKDD Bone, A Tenriawaru, SSTP, MSi pada rapat Rakornas Kepegawaian Tahun 2016 di Jakarta, Kamis 26 Mei lalu.
Kabupaten Bone meraih award kategori pelaksanaan E-PUPNS terbaik bersama empat daerah lainnya, yakni Pemkot Padang Sidempuan, Pemkab Kayong Utara, Pemkab Kara-ngasem dan Pemkab Batang.
Namun demikian, Pemkab Bone berada di urutan pertama. Selain Bone, yang berhasil meraih award untuk pelaksanaan E-PUPNS adalah Sulsel untuk kategori tingkat provinsi. Sulsel berada di urutan ketiga dari lima daerah yang mendapat award.
Bupati Bone, Dr HA Fahsar Mahdin Padjalangi, MSi menyatakan prestasi tersebut berhasil diraih berkat kerjasama seluruh stake holder terkait.
“Alhamdulillah, pencapaian demi pencapaian telah kita raih, berkat kerja keras bersama seluruh stakeholder yang ada. Kabupaten Bone meraih peringkat pertama nasional dalam pelaksanaan elektronik pendaftaran ulangan pegawai negeri sipil (E-PUPNS) Tahun 2016,” tulis Fahsar di laman facebooknya, Sabtu 28 Mei lalu sekira pukul 03.00 Wita.
Lebih jauh orang nomor satu di Pemkab Bone mengungkapkan, Bone berhasil meraih urutan pertama dari 486 kabupaten/koa di seluruh Indonesia. Penghargaan diakui sebagai bukti kerja keras semua dalam pelaksanaan E-PUPNS yang berbasil teknologi informasi. “Ini juga merupakan salah satu manfaat e-Governance yang kita kembangkan selama ini,” kunci Fahsar.
Kepala BKDD Kabupaten Bone, A Islamuddin yang dihubungi RADAR BONE, Minggu 29 Mei kemarin, membenarkan adanya piala yang diterima dari BKN terkait keberhasilan pelaksanaan E-PUPNS di Bone.
“Piala tersebut berhasil kami sabet karena memenuhi semua indikator yang ditetapkan dan diselesaikan sebelum batas waktu yang ditentukan dengan menginput data PNS Bone sebanyak 11.093 orang,” terangnya.
Islamuddin menambahkan, keberhasilan itu tidak lepas dari peran semua pihak terkait. “Dorongan dari Bapak Bupati dan Wabup Bone serta antusiasme dari semua PNS dan juga kerja keras operator, akhirnya membuahkan hasil positif,” imbuhnya
Dalam penganugerahan BKN Award 2016, selain Bone, Kabupaten Wajo juga mendapat award untuk kategori Implementasi CAT dalam manajemen ASN. Wajo berada di urutan ketiga dari lima daerah yang mendapat award.
Sekadar diketahui, dalam pelaksanaan E-PUPNS berhasil menuntaskan sebelum masa jatuh tempo tiba. Dari statistik data PUPNS tahun 2015, tercatat PNS aktif di daerah ini sebanyak 11.216 orang. Kemudian yang berhasil login sebanyak 11.108 orang. Adapun PNS yang belum register 98 orang.
Dengan demikian, ke-98 orang ini sempat terancam kehilangan statusnya sebagai pegawai negeri sipil (PNS). Namun demikian, pihak BKDD tetap aktif melakukan pelacakan untuk mengetahui status ke-98 PNS yang belum melakukan register E-PUPNS tersebut. Hasilnya, ditemukan hanya tujuh PNS aktif. Selebihnya ada yang sudah pindah bertugas ke daerah lain hingga meninggal dunia.
Kepala BKDD Bone, Drs Andi Islamuddin mengatakan ke-7 PNS yang aktif yang ditemukan dalam penelusuran pihaknya tersebut, telah dikirim datanya ke BKN dan hasilnya dinyatakan aman. “Alhamdulillah, berkat kerja keras teman-teman di BKDD dan dukungan SKPD ketujuh PNS aktif tersebut sudah dikirim datanya ke BKDD. Informasi dari BKN register mereka sudah aman. Dengan demikian PUPNS di Bone tuntas,” papar Islamuddin beberapa waktu lalu.

To Top