Bone Terbanyak ke-2 Salurkan KUR di Sulsel – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Bone Terbanyak ke-2 Salurkan KUR di Sulsel

RADARBONE.CO.ID, WATAMPONE–Berdasarkan data aplikasi Sistem Informasi Kredit Program (SIKP), sampai dengan 14 Oktober 2019 telah tersalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebesar Rp638,97 miliar untuk 23.310 debitur.

Bila dibandingkan dengan kabupaten/kota se-Provinsi Sulawesi Selatan, Kabupaten Bone menduduki peringkat kedua setelah Kota Makassar sebesar Rp667,82 miliar untuk 23.710 debitur. Ini merupakan hal yang membanggakan bagi Pemerintah Daerah Kabupaten Bone, karena mengindikasikan kinerja yang baik dari Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dalam menggerakan ekonomi di berbagai sektor usaha.

“Hal demikian secara langsung maupun tidak langsung dapat berkontribusi bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui pajak daerah atau retribusi daerah bagi Pemerintah Kabupaten Bone,” ujar Kepala KPPN Watampone Rintok Jihirman.

Sementara itu, keseriusan Pemerintah Kabupaten Bone dalam mengunggah data calon debitur potensial pada aplikasi SIKP juga patut diapresiasi.

“Sampai saat ini, telah berhasil unggah data sebanyak 3.575 orang,” tuturnya.

Bila dibandingkan dengan kabupaten/kota se-Provinsi Sulawesi Selatan Kab. Sinjai merupakan yang terbesar yaitu sebanyak 6.782 orang, disusul Kab. Maros sebanyak 5.292 orang, Kab. Sidenreng Rappang 4.797 orang, dan Kab. Bantaeng sebanyak 4.291 orang.

Adanya kewajiban Pemerintah Daerah dalam mengunggah data calon debitur potensial pada aplikasi SIKP tersebut akan bermanfaat bagi pihak perbankan guna penyaluran KUR.

“Diharapkan dengan adanya sinergi berbagai Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang membina UMKM berbagai sektor usaha tersebut dapat lebih dioptimalkan lagi. Sehingga semakin banyak UMKM yang dapat mengakses pembiayaan KUR atau kredit program pemerintah yang lainnya seperti pembiayaan Ultra Mikro (UMi),” imbuhnya. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top