BPJS Kesehatan Gelar Sosialisasi Deteksi Dini Kanker – Radar Bone

Radar Bone

Uncategorized

BPJS Kesehatan Gelar Sosialisasi Deteksi Dini Kanker

RADARBONE.CO.ID_WATANSOPPENG–Dalam rangka bulan peduli Kanker Payudara sedunia, BPJS Kesehatan Kantor Kabupaten Soppeng melakukan sosialisasi Deteksi Dini Kanker Serviks dan Kanker Payudara bertempat di Baruga Rujab Bupati Soppeng, Sabtu, 28 Oktober lalu.

Ini sekaligus BPJS Kesehatan turut mewujudkan perempuan bebas kanker serviks dan kanker payudara. Kegiatan ini dihadiri Ketua Tim Penggerak PKK, Ketua Dharma Wanita, Plt. Kepala Dinas Kesehatan/Sekretaris Dinas Kesehatan dan Direktur RS Latemmamala. BPJS Kesehatan menghadirkan nara sumber dari Yayasan Sosialisasi Kanker Indonesia (YSKI), BPJS Kesehatan Kabupaten Soppeng dan dr Bagus Ngurah Brahmantara, M Biomed,Sp.OG.

Pada kesempatan ini, Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Soppeng Sallang, SKM, MKes menyampaikan pentingnya Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, dimana gerakan ini bertujuan agar masyarakat senantiasa melakukan aktifitas sebagai upaya menjaga kesehatannya melalui kegiatan yang berfokus pada beberapa item, diantaranya melakukan aktivitas fisik selama 30 menit, mengkonsumsi buah dan sayur serta melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin minimal 6 bulan sekali sebagai upaya deteksi dini penyakit.

“Kegiatan ini salah satunya yaitu agar menambah pengetahuan peserta khususnya bagi perempuan di Kabupaten Soppeng dalam upaya melakukan deteksi dini kanker serviks dan kanker payudara,” kata Sallang.

Peserta sosialisasi sangat antusias mengikuti acara tersebut. Dengan adanya kegiatan ini peserta dapat menambah pengetahuan tentang kanker payudara dan kanker serviks serta menambah pengetahuan tentang program JKN-KIS.
Pada kesempatan itu dilakukan pula kegiatan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) oleh Yayasan Sosialisasi Kanker Indonesia (YSKI) serta pemeriksaan IVA dan pap smear bagi peserta JKN-KIS oleh BPJS Kesehatan dan tanpa dipungut biaya.

Kepala Kantor BPJS Kesehatan Kabupaten Soppeng, Fauziah Firman, SKM, AAAK, mengatakan kegiatan sosialisasi tersebut dilaksanakan sebagai upaya memberikan informasi kepada peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) khususnya di Kabupaten Soppeng, yaitu pemberian informasi mengenai hak dan kewajiban peserta, alur pelayanan, dan manfaat dari kartu JKN-KIS yang mereka pegang.

“Sebagai salah satu upaya mengoptimalisasikan fungsi promotif dan preventif, BPJS Kesehatan juga melakukan sosialisasi pada masyarakat mengenai pentingnya melakukan deteksi dini kanker leher rahim atau serviks, tes Pap Smear dan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) merupakan cara praktis deteksi dini kanker serviks,” terang Fauziah.

Ditambahkan Fauziah, peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) tidak dipungut biaya pemeriksaan di Puskesmas atau Laboratorium Klinik yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.
Kepala Bidang SDM, Umum, Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Cabang Watampone, Ndari Cahyaningsih menambahkan terkait perbaruan kartu ke Kartu Indonesia Sehat (KIS), bahwa kartu lama masih berlaku.

 

*

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top