BPJS Kesehatan Pastikan Peserta JKN-KIS Mudik Nyaman – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

BPJS Kesehatan Pastikan Peserta JKN-KIS Mudik Nyaman

RADARBONE.CO.ID-Peserta jaminan kesehatan atau pemegang kartu Indonesia sehat (JKN-KIS) tidak perlu khawatir saat libur lebaran tahun ini. Pasalnya, mereka tetap berhak atas jaminan pelayanan kesehatan selama libur Idul Fitri dengan prosedur yang sudah disepakati dengan fasilitas kesehatan yang sudah disepakati dengan BPJS Kesehatan.

Untuk peserta JKN-KIS yang menjalani mudik, apabila membutuhkan pelayanan kesehatan di luar kota dapat memperoleh pelayanan kesehatan pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKPT) yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan, walaupun peserta tidak terdaftar di FKPT tersebut.

“Jadi cukup memperlihatkan kartunya, pasien bisa dilayani di FKPT yang terdekat. Makanya, peserta JKN-KIS harus selalu menjaga status kepesertaannya tetap aktif,” kata Fahrurozi SSi, Apt, AAK, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Watampone dalam konferensi bertema Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan.

Apabila terdapat FKPT yang tidak dapat memberikan pelayanan, atau peserta membutuhkan pelayanan di luar jam buka layanan FKTP, maka peserta dapat dilayani di IGD rumah sakit untuk mendapatkan pelayanan medis dasar.

“Tapi kami tetap mengimbau kepada klinik untuk melakukan piket, melayani pasien yang datang,” jelas Fahrurozi.
Pelayanan selama libur lebaran ini dibuka H-8 sampai H+8 atau 7-23 Juni 2018.

Fahrurozi menegaskan kartu JKN-KIS sesungguhnya bukan kartu berobat, melainkan kartu jaminan kesehatan. “Sehingga kartu tersebut hendaknya diurus sebelum sakit,” tambah Fahrurozi.

Terkhusus di daerah ini, untuk memastikan peserta JKN-KIS tetap terlayani selama libur lebaran, pihak BPJS Kesehatan Cabang Watampone menghadirkan perwakilan rumah sakit atau Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKPT) dalam konferensi pers tersebut untuk membeberkan kesiapan mereka.

Perwakilan RSUD Tenriawaru, RSU Pancaitana, RSU dr M Yasin, RS Hapsah dan Puskesmas Watampone kompak menyatakan kesiapannya melayani peserta JKN-KIS selama libur lebaran.

“Jauh-jauh hari ini kami sudah mempersiapkan semuanya, sehingga pelayanan tetap berjalan selama libur lebaran,” kata dr A Muh Syahrir MKes, Wakil Direktur Bidang Pelayanan Medik RSUD Tenriawaru Watampone.

“Kami juga sudah membagi piket secara bergelombang untuk memastikan pelayanan pada libur lebaran,” Andi Fatmawati, perwakilan RSU dr M Yasin.

Untuk memastikan kelancaran peserta dalam memperoleh pelayanan yang kesehatan yang diperlukan, BPJS Kesehatan juga telah meluncurkan Aplikasi Mudik BPJS Kesehatan yang dapat didownload secara gratis. Aplikasi tersebut menyediakan telepon penting, alamat kantor BPJS Kesehatan, fasilitas kesehatan, tanya jawab, info, lokasi-lokasi penting, tips hingga media sosial BPJS Kesehatan.

Selain itu, selama libur lebaran 2018, masyarakat juga dapat menghubungi BPJS Kesehatan Care Center yang beroperasi 24 jam, untuk memperoleh informasi, melakukan pengaduan, melakukan konsultasi kesehatan, memperoleh pelayanan administrasi peserta JKN-KIS (mutasi dan aktivasi) hingga pendaftaran JKN-KIS.

*

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top