BPK Takut Audit BPJS – Radar Bone

Radar Bone

Sinjai

BPK Takut Audit BPJS

SINJAI, RB–Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terkesan takut mengaudit penggunaan anggaran di BPJS Kesehatan. Padahal program BPJS ini sudah sangat jelas merugikan masyarakat dan pelayanannya pun tidak sesuai dengan visi dan misi pemerintah.
Ketua BPK RI, Dr H Harry Ashari Azis MA, menegaskan, kebijakan jaminan kesehatan masyarakat yang dituangkan pemerintah pusat dalam bentuk program BPJS, tidak dapat diganggu gugat.
“Ada undang-undang yang mengatur soal program BPJS jadi silahkan saja pihak pemerintah menafsirkan,” ungkap ketua BPK RI itu.
Termasuk sikap pemerintah daerah yang terkesan takut mengalokasikan anggaran di APBD untuk program kesehatan gratis. “Silahkan saja lihat aturan dan bukan saya yang bilang melarang pemerintah kabupaten dilarang membuat kebijakan terkait dengan program jaminan kesehatan diwilayah masing-masing,” ketusnya
Sementara itu, Bupati Sinjai, HM Sabirin Yahya yang berusaha dikonfirmasi terkait tuntutan masyarakat Sinjai, agar pemda mengalokasikan anggaran di APBD untuk program kesehatan gratus, memilih menghindar.
Sekretaris Daerah (Sekda) Sinjai HA Tayyeb Mappasere menegaskan, pemerintah daerah akan melakukan peninjauan kembali terkait program itu.
“Jika keuangan pemerintah daerah siap maka mungkin pemerintah daerah akan membuat program tersendiri terkait dengan kesehatan gratis,” kuncinya.

lukmansardy

To Top