Breaking News, Gugatan Umar-Madeng Ditolak PT.TUN. Pilkada Bone Kotak Kosong? – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Breaking News, Gugatan Umar-Madeng Ditolak PT.TUN. Pilkada Bone Kotak Kosong?

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE–Upaya Umar-Madeng melaju ke Pilkada Bone melalui gugatan ke PTTUN kembali kandas.

Hakim Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara menolak seluruh gugatan pasangan tersebut. Putusan ini dibacakan hakim  Hakim Ketua, Dr Arifin Marpaung SH MHum didampingi hakim anggota, M Ilham Lubis SH MH dan Hj Evita Mawulan Akyati SH MH, Selasa 27 Maret bertempat di ruang sidang utama Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Makassar dengan putusan  perkara 15/G/Pilkada/PT.TUN Makassar.

Tepat pukul 14.00 Wita, hakim ketua, membacakan putusan sengketa pilkada Bone.

Pertimbangan hakim menolak gugatan Umar-Madeng, yakni gugatan penggugat salah obyek. “Yang diajukan oleh penggugat adalah bukan keputusan KPU Bone tentang penetapan pasangan calon tetapi yang dijadikan obyek sengketa adalah keputusan KPU Bone tentang penetapan hasil verifikasi faktual yang tidak meloloskan penggugat, sehingga bukan kewenangan Pengadilan Tinggi TUN untuk mengadili perkara tersebut,” kata Arifin Marfaung membacakan keputusan sidang.

Untuk mengajukan gugatan ke Pengadilan Tinggi PT TUN Makassar kata dia, harus sudah menempuh seluruh upaya administratif ditingkat Panwas Kabupaten Bone.

“Sedangkan keputusan tentang penetapan calon tidak pernah diajukan permohonan ke panwas. Yang diajukan hanya sengketa tentang penetapan hasil verifikasi faktual yang tidak meloloskan penggugat,” tukasnya.

Anggota KPU Bone, Isharul Haq membenarkan ditolaknya gugatan Umar-Madeng. “Iye gugatannya ditolak,” ujar Isharul membenarkan. KPU lanjut dia, juga siap menghadapi upaya hukum selanjutnya. Termasuk Kasasi yang akan ditempuh pihak Umar-Madeng.

Pasangan Umar-Madeng melalui pengacaranya, Abdullah Mahir, hampir dipastikan akan menempuh upaya kasasi atas putusan tersebut.

*

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top