Buang Peluang Diusung PPP, Agus AN Bermanuver Ke Demokrat – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Buang Peluang Diusung PPP, Agus AN Bermanuver Ke Demokrat

RADARBONE.CO.ID–Langkah Agus Arifin Nu’mang (AAN) menuju Pilgub Sulsel 2018 kian matang. Lebih-lebih bila Demokrat ikut mendukungnya sebagai bakal calon gubernur.

Sejauh ini, Agus AN telah mendapat respons bagus dari sejumlah partai politik, seperti PKB, PKS, PBB, dan Gerindra. Rekomendasi tiga partai terakhir yang disebut masih berproses di DPP, namun setidaknya ketiga parpol tersebut sudah memberi ancang-ancang untuk mengusung Agus AN sebagai kandidat 01. Rekomendasi tinggal menunggu hitam di atas putih.

Di DPRD Sulsel, gabungan kekuatan PKB (3 kursi), PKS (6), PBB (1), dan Gerindra (11) sebanyak 21 kursi. Jumlah itu sudah lebih dari cukup–syarat 17 kursi–untuk mengusung sang kandidat sebagai calon petarung pada pilgub mendatang.

Posisi Agus AN akan tambah mantap bila mendapat restu dari PPP yang memiliki tujuh kursi di DPRD. Hanya saja, Agus AN seperti sengaja mengabaikan sinyal positif dari partai belambang kakbah. Wagub Sulsel dua periode tak mengembalikan formulir pendaftaran ke PPP hingga batas waktu berlalu (Jumat, 30 Juni 2017).

“Sampai penutupan pendaftaran dan pengembalian berakhir pada Jumat pukul 24.00 Wita, Pak Agus tidak mengembalikan formulir. Padahal sebelumnya beliau mendaftar,” terang Ketua Tim Desk Pilkada PPP Sulsel, Rizal Syarifuddin.

Walau demikian, Agus AN tentu sudah menimbang alasan untuk tak mengembalikan formulir di PPP.

Beredar kabar bahwa Agus AN tengah mengincar dukungan Demokrat, mengingat calon pendampingnya adalah Aliyah Mustika Ilham, kader partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono.

Bila pada akhirnya Agus AN mendapatkan restu Demokrat, hampir pasti pula ia akan berpaket dengan istri Ilham Arief Sirajuddin (mantan Wali Kota Makassar). Dukungan 11 kursi dari Demokrat sekaligus mengamankan jalur Agus AN sebagai 01, sebab arah politik Gerindra, PKS, dan PBB masih sebatas wacana. Salah satu dari tiga partai itu bisa saja pindah ke lain hati, ke kandidat lain.

*

To Top