Buat Terobosan Baru, Kemenag Bone Gelar Kemah Pramuka Secara Terpadu – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Buat Terobosan Baru, Kemenag Bone Gelar Kemah Pramuka Secara Terpadu

RADARBONE.CO.ID, WATAMPONE–Dibawah kepemimpinan Dr H Wahyuddin Hakim MHum, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bone terus membuat terobosan baru. Kali ini kegiatan perkemahan pramuka madrasah secara terpadu bertempat di Desa Kanco Kecamatan Cina Kabupaten Bone Provinsi Sulsel, Minggu, 27-30 Oktober 2019.

Sebanyak 300 kemah raksasa berdiri kokoh dengan 2.860 peserta pramuka yang terdiri dari guru maupun siswa.

Dengan memupuk rasa nasionalisme dan kebangsaan para siswa dan tenaga pendidik, Perkemahan Pramuka Madrasah Terpadu (PPMT) mengusunga tema “Wujudkan Pramuka Madrasah yang hebat dan bermatabat dalam menjaga keutuhan NKRI”.

Perkemahan ini diawali dengan upacara pembukaan bertempat di Bumi Perkemahan Soga Desa Kanco Kecamatan Cina Kabupaten Bone Provinsi Sulsel, Minggu, 27 Oktober 2019.

Kegiatan yang melibatkan Madrasah se Kabupaten Bone ini merupakan pertama di Bone.

Dalam upacara pembukaan perkemahan PPMT tahun 2019 ini diikuti peserta pramuka 948 siswa MI, 900 siswa MTs, 632 siswa MA dan pendamping 380 orang. Hadir Kepala Kantor Kemenag Bone beserta Kasi Pendidikan Madrasah, Tripika Kecamatan Cina, Pengurus Kwarcab Bone, Kepala KUA Kecamatan dan para Pengawas Penmad Kemenag Bone.

Sementara yang bertindak sebagai pembina upacara Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemkab Bone Drs A. Muh. Yamin, AT., M.Si mewakili Bupati Bone.

Dalam sambutannya, ia mengapresiasi kegiatan perkemahan pramuka Kemenag Bone.

Menurutnya, pramuka dianggap sebagai wahana pembentukan karakter siswa. Pasalnya, dalam pramuka siswa dilatih kepemimpinan, kerjasama, solidaritas, mandiri dan keberanian.

Hal ini kiranya sebagai penyeimbang kegiatan pembelajaran dalam kurikulum formal yang lebih berorentasi pada ranah kognitif dan psikomotorik.

A. Muh. Yamin juga menyebutkan jika pramuka dapat melatih mental siswa yang kuat.

“Melalui pramuka, siswa dibekali dengan sikap mental yang tangguh seperti disiplin, berani, loyal, bertaggung jawab dan sifat-sifat lainnya sebagaimana yang terdapat dalam dasa dharma pramuka,” ujarnya.

Melalui kegiatan perkemahan PPMT tahun 2019, mantan Kadispora ini juga berharap agar menjadi spirit bagi kakak-kakak dan adik-adik untuk terus menggiatkan kegiatan kepramukaan di pangkalan masing-masing. “Karena kejayaaan Bone akan terwujud jika secara bersama-sama mengalakkan kegiatan dipangkalan gugus depan dipangkalan masing-masing,” tandasnya.

Lebih dari itu, ia berpesan agar peserta perkemahan dapat menjaga kebersamaan, persatuan, hubungan silaturahmi dan kekeluargaan.
“Berkemah sambil memperbanyak teman adalah hal yang jauh lebih baik dan lebih mertabat,” katanya.

Selanjutnya acara dibuka secara resmi oleh Asisten I Pemkab Bone yang ditandai dengan pemukulan kentongan bambu didampingi Kepala Kantor Kemenag Bone dan Kasi Penmad.

Sebelumnya, Ketua Panitia Drs. H. Abbas, M.Pd.I yang juga sebagai Kepala MAN 1 Bone melaporkan bahwa selama berlangsung perkemahan akan diadakan pembekalan materi kepramukaan, Upacara peringatan hari sumpah pemuda, penyuluhan tentang bahaya narkoba, kegiatan baksos dan malam pentas seni.

“Tujuan kegiatan perkemahan PPMT ini memberikan wawasan dan pengalaman anggota pramuka madrasah golongan penggalan MI dan MTs serta golongan penegak MA dalam hal keterampilan serta pengembangan gerakan pramuka,” terangnya. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top