Bulog Ganti Raskin Berkualitas Buruk – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Bulog Ganti Raskin Berkualitas Buruk

A Hendra

PENULIS : BAHARUDDIN

WATAMPONE, RB—Setelah mendapat protes keras dari sejumlah lurah dan kepala desa terkait buruknya kualitas beras miskin (Raskin) yang disalurkan. Pihak Bulog akhirnya mengganti jatah raskin dimaksud.
Kepala Kantor Seksi Logistik (Kansilog) Bone, Amir Sube yang dikonfirmasi RADAR BONE, Rabu 12 Oktober lalu menyatakan siap mengganti jatah raskin yang berkualitas buruk. “Kalau memang ada beras yang tidak layak konsumsi bisa dikembalikan. Kami siap menggantikan yang lebih bagus sesuai dengan standar beras medium,” katanya. Lurah Macanang, A Hendra yang dikonfirmasi RADAR BONE, Senin 17 Oktober kemarin, mengakui pihak Bulog telah mengganti jatah raskin di wilayahnya dengan kualitas yang sudah lebih baik atau sudah layak konsumsi.

“Pengganti beras itu sudah lumayan, tidak sama dengan yang dikembalikan beberapa hari lalu. Itu memang tidak layak konsumsi. Pokoknya kalau memang berasnya tidak layak konsumsi saya tidak mau terima. Kasihan masyarakat menerima beras se-perti itu,” kata Hendra.

Hendra mengatakan seja-tinya kualitas beras yang diterima penerima raskin adalah beras medium. Apalagi, selain disubsidi pemerintah, penerima raskin juga tetap membayar. Maka sepatutnya, kata dia hal itu menjadi perhatian pihak Bulog.
Kasubag Bina Perekonomian Bagian Ekonomi Setda Bone, Syam-suddin beberapa penerima raskin sudah terlanjur menerima raskin berkualitas buruk yang disalurkan di di Kelurahan Ulaweng Cinnong Kecamatan Ulaweng dan Desa Waeputtangnge Kecamatan Amali.

“Setelah menerima laporan, kami turun kroscek ke sana. Tapi tidak bisa disaksikan kualitas berasnya. Karena beras itu sudah disalurkan ke warga atas permintaan penerima rastra. Masyarakat sendiri yang me-minta untuk dibagikan, tapi pada saat itu kami sampaikan kepada Kansilog, untuk bulan berikutnya agar tidak ada lagi beras yang kualitasnya rendah yang disalurkan ke masyarakat. Tidak boleh lagi ada beras yang tidak layak konsumsi disalurkan,” paparnya.

*ASKAR SYAM

To Top