Bupati Apresiasi Festival Burung Kicau RADAR BONE – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Bupati Apresiasi Festival Burung Kicau RADAR BONE

Direktur RADAR BONE, Muh Bachtiar S selaku penanggungjawab Festival Burung Kicau Arung Palakka 2016 didampingi Koordinator Lomba Andreas Roni (KKM) dan Ketua Panitia Usman Sommeng menyerahkan tropi kepada peserta yang meraih juara pada ajang tersebut.

PENULIS : ASKAR SYAM

WATAMPONE, RB—Bupati Bone, Dr HA Fahsar Mahdin Padjalangi, MSi mengapresiasi kegiatan Festival Burung Kicau yang dilaksanakan RADAR BONE bekersama Komunitas Kicau Bone di Lapangan Merdeka, Minggu 24 Juli kemarin. Fahsar menilai lomba burung kicau tersebut adalah yang pertama di Bone sejak republik ini ada.

“Ini event (Festival Burung Kicau) yang pertama di Bone. Kalau ada Bupati Cup pertama, pasti ada Bupati Cup kedua. Jadi saya berharap agar event ini rutin digelar. Kalau perlu setiap tahun dan kalau bisa menghadirkan seluruh kicau burung untuk skala nasional,” ungkap bupati bersemangat saat membuka lomba burung kicau bertajuk ‘Bupati Cup Festival Burung Arung Pa-lakka 2016’.

Fahsar menilai lomba burung kicau tersebut bukan hanya sekadar mempertemukan kicau mania dari berbagai daerah. Namun ke-giatan yang diprakarsai RADAR BONE itu diakui merupakan bagian dari promosi potensi daerah.
“Karena pasti ada tamu dari luar daerah yang datang. Saya mau mengatakan begini, Bone itu kaya potensi wisata. Bone kaya potensi budaya. Tidak lengkap kalau datang ke Sulsel, tidak jalan-jalan ke Bone. Karena Bone tanahnya orang bugis,” pungkasnya.
Penanggung jawab acara, Muh Bachtiar S menegaskan, Festival Burung Kicau 2016 digelar setelah antusiasme kicau mania di Bumi Arung Palakka. “Kita menggelar kegiatan ini, bermodal nekat. Tujuan utamanya mengenalkan burung kicau di Bone,” ujarnya.
Pada festival tersebut lanjut Direktur PT RADAR BONE itu, diperlombakan 29 kelas burung.

Menurutnya, lomba Kicau Burung Arung Palakka digelar, sebagai wadah silaturahmi para pecinta burung Berkicau di Sulsel dan sekitarnya.“Termasuk berkontribusi dalam membudayakan kicau burung dikalangan masyarakat,” terangnya.
Dia menyebutkan dalam festival tersebut, diperlombakan berbagai kelas. Misalnya kata dia, kelas A, untuk jenis burung Murai Batu dan Love Bird. Begitupun di kelas B lanjut dia, ada Murai Batu, Love Bird, Kenari Bebas dan Kacer.“Semua ada lima kelas, mulai dari kelas A, sampai kelas E,” pungkas pemimpin redaksi Harian RADAR Bone tersebut.

Ketua panitia, Usman Sommeng menambahkan, pihak pelaksana menyiapkan beragam hadiah dan door prize bagi peserta.
“Kami dari panitia pelaksana berharap, dengan terlaksananya kegiatan ini, dapat memberikan manfaat bagi semua pihak, khususnya kemajuan dunia kicau burung di Kabupaten Bone,” pungkasnya. Sementara itu hasil lomba, untuk Kelas Murai Batu, juara pertama diraih Sultan Arif dari BNR Makassar dengan nama burung Bawakaraeng.
Kemudian untuk Pleci, diraih Yogi dengan nama burung Mesin Tempur. Sementara untuk LB terbaik, diraih Chaly, dengan nama burung Rakuti dan SF diraih Yogi dengan burung Pertiwi.
Turut hadir pada pembukaan festival kicau burung Arung Pa-lakka 2016, Kadis PU, Sudirman, Kadishub, Asiswa Karim, Kadis Peternakan, dr.Aris Handono, Kadis Tarkim dan Dandim Bone.
*ASKAR SYAM

To Top