Bupati Bone Diharap Pilih Pejabat Berkompeten – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Bupati Bone Diharap Pilih Pejabat Berkompeten

Jelang Penetapan hasil Lelang Jabatan

PENULIS : ASKAR SYAM

RADARBONE.CO.ID -WATAMPONE–Sejumlah kalangan meminta Bupati Bone, Dr HA Fahsar Mahdin Padjalangi MSi agar mempertimbangkan kompetensi dan kapabilitas pejabat yang akan dipilih dari hasil seleksi lelang. Bukan karena faktor kedekatan dan kepentingan yang bersifat pribadi.

Jelang pengumuman hasil lelang jabatan, Bupati Bone, Dr HA Fahsar Mahdin Padjalangi MSi, diharap agar memilih pejabat yang berkualitas untuk mengisi posisi pimpinan organisasi perangkat daerah yang baru dibentuk.
Bupati didorong agar memilih pejabat berdasarkan kompetensi, bukan karena faktor kedekatan.

“Rakyat Bone harus dilayani lebih baik lagi. Mereka harus dilayani dengan budaya birokrasi yang menghilangkan trauma pelayanan yang membutuhkan waktu lama, berbiaya mahal, dan sulit,” kata HA Suaedi SH MH, Anggota DPRD Bone,

Politisi Partai Demokrat itu, turut mengingatkan kepada para calon pejabat, bahwa jabatan memimpin organisasi perangkat daerah adalah pembantu bupati.

BACA JUGA  Wajo 'Dikepung' Banjir

“Maka penempatan personel harus memperhatikan aspek loyalitas, kredibilitas dan kapabilitas sesuai jabatan. Dengan demikian tercipta sinergi di lingkungan pemerintah kabupaten, dan program kegiatan bisa terlaksana sesuai jadwal,” jelas Suaedi yang juga Wakil Ketua Badan Legislasi DPRD Bone.

Wakil Ketua Komisi I DPRD Bone, H Saipullah Latief menambahkan, pemkab harus bisa memastikan semua satuan kerja, mampu menerjemahkan dan mengurai detail isi serta maksud Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), sehingga program kerja setiap dinas maupun badan, mampu mencapai indikator yang ditetapkan.
Saipullah turut mengingatkan, agar tak ada program kerja yang tumpang tindih antar satuan kerja.

“Jadi kepala satuan kerja harus handal, profesional, loyalis dan amanah. Perlu ada indikator, sehingga saat dilelang, orang bisa mempersiapkan diri memenuhi indikator itu,” katanya.
Dorongan agar bupati menempatkan pejabat profesional di masing-masing bidang, juga ditegaskan kalangan akademisi di Bone.

BACA JUGA  Melihat Dari Dekat Pencoblosan Pilkades Serentak Jilid II

Praktisi Pemerintahan, Ali Anas menilai, bupati wajib menetapkan personel sesuai keahlian dengan semangat profesional, berkompetensi, loyal, dan punya visi melayani kepentingan rakyat.
“Jangan pejabat itu ditunjuk sebagai kepala dinas pekerjaan umum misalnya, tapi keahliannya di pendidikan. Ataukah dia ditempatkan di bagian hukum, tapi keahliannya di administrasi pemerintahan,” tutupnya.

Click to comment
To Top