Bupati Bone Mulai Godok Pergeseran Pejabat Eselon II – Radar Bone

Radar Bone

Berita Utama

Bupati Bone Mulai Godok Pergeseran Pejabat Eselon II

Bupati Bone, HA Fahsar M Padjalangi

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE–Pergeseran pejabat eselon II dipastikan segera bergulir. Hasil assesment sudah ada di tangan Bupati Bone, HA Fahsar M Padjalangi dan menjadi salah satu acuan pada penempatan pejabat nantinya.

Ditemui usai melantik kepala desa di Gedung PKK, Senin 22 Juli kjemarin, Fahsar memastikan mutasi akan segera digelar. “Mutasi sementara digodok. Saya tentu melihat hasil assesment para pejabat, itu salah satu indikator bagi saya dalam menentukan pejabat ini layaknya ditempatkan di dinas ini,” ujar Fahsar.

Hanya saja Fahsar enggan membocorkan hasil assesment itu.  Ia juga menegaskan, setelah dilakukan pergeseran pejabat eselon II, kemudian masih ada posisi yang lowong, baru dilakukan lelang.

“Proses lelang jabatan ini terbuka untuk seluruh para pejabat lingkup pemerintah daerah, sepanjang syarat seleksi dipenuhi,” tandasnya.

Sementara itu, Pengamat pemerintahan, Dr Yusdar SH MH mengatakan, bupati harus menyeleksi figur terbaik. “Jangan seperti yang lalu-lalu, baground pendidikan ditempatkan di kesehatan dan begitupun sebaliknya,” ujar Yusdar.

Ia menegaskan, mutasi adalah penyegaran tugas bagi Aparatur Sipil Negara (ASN). “Sehingga memang bupati selaku pembina kepegawaian wajib melakukan mutasi,” ujarnya.

Bupati lanjut dia, dalam penempatan pejabat harus mengacu indikator diantaranya basic keilmuwan dan keterampilan serta kecakapan yang dimiliki ASN.

“Artinya tempatkan pejabat yang betul-betul mau bekerja. Jangan justru menjadi lawan,” tukasnya.
Yang paling penting kata Yusdar, mutasi pejabat harus mengacu hasil assesment.

“Itu (Assesment) yang harusnya menjadi dasar bupati dalam melakukan pergeseran atau mutasi pejabat di eselon II,” tukasnya.

Diberitakan sebelumnya, ada delapan jabatan eselon II yang saat ini dijabat pelaksana tugas, masing-masing Kepala BPBD dijabat HA Surya Darma SE MSi (Sekkab), Kadis Tarkim dijabat Drs AM Yamin Tahir MSi (Asisten I), Kadis Perdagangan dijabat Ir Baharuddin (Staf Ahli), Kepala Satpol PP diisi Drs HA Sumardi Suaib MM (Staf Ahli), Kadis Pendidikan untuk sementara dikepalai Dra Hj A Syamsiar (Staf Ahli) dan Kadis Perdagangan dijabat Asisten III Dr Asriady Sulaiman MSi serta Inspektorat Daerah.

Kepala BKPSDM Kabupaten Bone, A Islamuddin mengatakan, mutasi jilid 1 di periode kedua kepemimpinan HA Fahsar-H Ambo Dalle, diawali oleh para pejabat eselon II yang telah mengikuti assesment.

“Dan tak menutup kemungkinan nantinya ada jabatan lowong yang akan terisi tanpa melalui proses lelang. Jadi tergantung hasil assesmentnya. Kalau pejabat eselon II itu dianggap cakap dan kompeten di dinas ini, bisa langsung digeser,” ujarnya.

Saat ini kata Islamuddin, ada delapan jabatan eselon II yang lowong. “Jadi tidak menutup kemungkinan delapan jabatan ini nantinya akan terisi melalui proses mutasi yang dilakukan oleh Bupati Bone,” tukasnya.

*

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top