Bupati Bone Yakinkan Pusaka Kerajaan Tetap Terawat – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Bupati Bone Yakinkan Pusaka Kerajaan Tetap Terawat

Mattompang Arajang Warnai HJB ke-687

PENULIS : ROSDIANA SULJA

RADARBONE.CO.ID – WATAMPONE–Ritual adat Mattompang Arajang selalu menjadi pusat perhatian dalam rangkaian prosesi Peringatan Hari Jadi Bone (HJB) setiap tahun. Termasuk HJB ke-687 yang jatuh pada, Kamis, 6 April hari ini. Puncak perayaan HJB ke-687 ini digelar rapat paripurna DPRD Bone.

Kembali ke ritual Mattompang Arajang dilaksanakan sehari jelang puncak perayaan HJB, tepatnya, Rabu, 5 April kemarin. Prosesi pembersihan bendara pusaka kerajaan Bone ini dilaksanakan di panggung kehormatan yang berlokasi di halaman Rumah Jabatan Bupati Bone, Jl Petta Ponggawae Kelurahan Watampone Kecamatan Tanete Riattang.

Sejumlah tamu penting hadir dalam acara ini mulai dari Wakil Gubernur Sulawesi Selatan H Agus Arifin Numang, Kapolda Sulsel Irjen Pol Muktiono, Kasdam XIV Hasanuddin, Brigjen TNI Supartodi, Ketua DPW Golkar Sulsel, HAM Nurdin Halid, Walikota Baubau AS Tamrin, Bupati Lutim Thorig Husler, Bupati Bone Bolango Provinsi Gorontalo Hamim Pou, Isteri Gubernur Kepri Hajja Noorhalizah Nurdin Basirun dan sejumlah tamu lainnya.

BACA JUGA  Begini Cara Fahsar Jamu IKA Fisip Unhas

Bupati Bone Dr HA Fahsar Mahdin Padjalangi MSi dalam sambutannya menegaskan, prosesi Mattompang merupakan kekayaan budaya dan kearifan lokal yang menjadi kebanggaan putera Bone. “Prosesi Mattompang ini kami sengaja digelar di luar Museum Arajang agar semua tamu undangan serta seluruh lapisan masyarakat bisa menyaksikan jika peninggalan kerajaan Bone selama ini selalu terawat dan terjaga dengan baik,” ungkapnya.

Fahsar menambahkan, semua peninggalan kerajaan Bugis Bone akan diwariskan kepada generasi penerus tanah Bone. “Kerajaan Bone mewariskan kearifan lokal yang sarat dengan makna baik dalam hal kepemimpinan maupun berinteraksi dengan daerah lain,” tambahnya.

Nilai luhur Rebba Sipatokkong, Mallillu Sipakainge, Malis Siparappe, kata Fahsar telah mengkristal dalam hati masyarakat Bone. “Makanya, Putera Bone mampu tampil menjadi pemimpin di berbagai bidang,” tegasnya.

Program pembangunan dalam empat tahun kepemimpinannya juga disinggung Fahsar pada kesempatan tersebut tentang program pembangunan sesuai Visi Misi Mewujudkan masyarakat Bone Cerdas, Sehat dan Sejahtera.

BACA JUGA  Camat Tanete Riattang Tertibkan Sapi

“Selama empat tahun kepemimpinan, kami berhasil meingkatkan perekonomian masyarakat terbukti pendapatan yang terus meningkat, juga terdapat 105 penghargaan tingkat provinsi dan nasional berhasil kami sabet sebagai bukti nyata bakti bersama,” ungkapnya.

Tak lupa Fahsar meminta restu dari masyarakat Bone untuk melanjutkan kepemimpinanya. “Apabila kami mendapat restu dari masyarakat maka akan melanjutkan kepemimpinan ini pada periode mendatang,” katanya.
Fahsar juga mengajak investor untuk menanamkan saham di Bumi Arung Palakka dan siap memberikan kemudahan.

Sementara Wagub Sulsel, H Agus Arifin Nu’mang dalam sambutannya mengapresiasi program pembangunan maupun maupun prestasi yang dicapai Kabupaten Bone.

“Pemprov Sulsel sendiri saat ini fokus pada perluasan jalan nasional seperti yang sementara berjalan sekarang dimulai dari wilayah Bone hingga poros Camba dan juga akan dibuatkan jalan tembus Koppe ke Taccipi,” terangnya.

Usai sambutan, prosesi Mattompang pun dimulai dimana peninggalan berharga kerajaan Bone seperti Salempang Ulaweng seberat 3 kilogram emas, serta beberapa senjata pusaka dikeluarkan dari Museum Arajang dan diarak ke panggung kehormatan untuk kemudian dibersihkan. Para Pattompang pun beraksi menggunakan air jenuk nipis untuk membersihkan senjata pusaka diiringi Tarian Maggiri para Bissu.

BACA JUGA  Polisi Gadungan Gasak Uang Rp5 juta

*

Click to comment
To Top