Ini Penekanan Bupati Bone Pada Pelantikan Pejabat – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Ini Penekanan Bupati Bone Pada Pelantikan Pejabat

Pelantikan pejabat eselon II, III, dan IV Pemkab Bone dilakukan secara massal melibatkan 1.307 pejabat. Hanya saja terdapat sembilan jabatan lowong karena menunggu lelang jabatan.

Pelantikan 1.307 Pejabat, Sembilan Jabatan Eselon II Dibiarkan Lowong

PENULIS : ROSDIANA SULJA

WATAMPONE, RB—Pemerintah Kabupaten Bone menggelar Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Serta Pengukuhan Kembali Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (Eselon II), Administrator (Eselon III) dan Pengawas (Eselon IV) di Lapangan Sepakbola Stadion Lapatau Kelurahan Macanang Kecamatan Tanete Riattang Barat, Selasa 3 Januari sekira pukul 16.00 wita.

Pelantikan secara akbar tersebut melibatkan 1.307 pejabat eselon di lingkup Pemkab Bone, sebagai tindak lanjut dari Perda Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Perubahan Struktur Organisasi Daerah. Bupati Bone, Dr HA Fahsar Mahdin Padjalangi MSi dalam sambutannya usai pengambilan sumpah menegaskan, pelantikan tersebut bukanlah semata-mata kemauannya.

“Pelantikan ini jangan ada kesan lain-lain, ini bukan kemauan saya tetapi merupakan amanat Perda Nomor 8 Tahun 2016 yang harus dilaksanakan. Dan ingat jaga amanah. Jalankan tugas sebaik- baiknya,” ungkapnya.

Bupati menambahkan jika pelantikan secara gelondongan tidak banyak menggeser posisi pejabat. “Dari 1.306 pejabat yang dilantik hari ini tidak banyak bergeser, hanya nama jabatannya saja yang berubah sesuai dengan nomenklatur,” imbuhnya.
Ketua Baperjakat Kabupaten Bone, HA Surya Darma SE MSi menegaskan jika pihaknya betul-betul selektif melakukan verifikasi sebelum menggelar pelantikan dan mengikuti UU ASN Nomor 5 Tahun 2014.“Pejabat eselon II yang bergeser ke SKPD lain telah melalui verifikasi ‘job vit’ atau kesesuaian jabatan,” ungkapnya.

Disinggung mengenai adanya Kepala SKPD yang dinonjob yakni Mantan Kadis PU dan SDA, H Sudirman, Sekkab Bone menegaskan hal itu menjadi bagian dari pelaksanaan amanat UU ASN. “Sesuai dengan amanat UU ASN, maka oknum pejabat yang tersangkut kasus korupsi tidak boleh lagi diberikan jabatan. Seperti mantan Kadis PU yang telah ditetapkan sebagai tersangka, maka kami non-job dulu agar bisa fokus pada persoalannya,” bebernya.

Berdasarkan data yang dihimpun RADAR BONE, dalam acara sakral tersebut beberapa pejabat eselon II yang dilantik dan mendapatkan jabatan baru yakni Ir Khalil MT (Mantan Kadis ESDM) diangkat menjadi Kepala Dinas Pekerjaan Umum, A Aswar (mantan Kadis Koperasi dan UMKM) jadi Kadis Perindustrian. A Arsal (Mantan Kepala BP4K) jadi Kepala Dinas Ketahanan Pangan.
Beberapa jabatan kepala bagian juga diisi wajah baru yang bergeser seperti A Muh Yusuf SIP MSi (Mantan Kabag Kesra) bergeser jadi Kabag Humas Infokom dan Keprotokoleran, sedangkan jabatan yang ditinggalkan diisi A Erwin Terwo SE (Mantan Kepala Kantor Penanaman Modal), serta mantan Kabag Pemdes Setda Bone, Andy SIP diangkat sebagai Kabag Kerjasama Daerah.

“Setelah melakukan pelantikan secara besar-besarn, masih ada sembilan jabatan eselon II yang lowong karena harus melalui lelang jabatan,” tegas A Islamuddin, Kepala BKDD Kabupaten Bone. Posisi yang dimaksud yakni Kepala Dinas kebudayaan, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A), Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (KIP), Dinas Koperasi, Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) dan dua jabatan staf ahli.

“Untuk SKPD tersebut, tadi telah dilantik sekretarisnya seperti A Promal Pawi sebagai Sekretaris Dinas Kebudayaan, Hj A Nurmalia SH MH di Dinas P3A, Askar ST MSi di Dinas PSDA, dan H Suki di Dinas KIP,” beber Islamuddin. Nantinya jabatan yang lowong tersebut akan disi pelaksana tugas (Plt) sambil menunggu proses lelang jabatan.

Khusus posisi camat, terdapat tiga orang camat baru yang dilantik yakni Camat Tanete Riattang Timur yang sebelumnya dijabat Hj A Syamsiar, karena diangkat menjadi Kabag Ekonomi, sehingga jabatan yang ditinggalkan ditempati Hj Hasnawati (mantan Camat Palakka).

Mantan Kepala Bagian SDA Setda Bone, A Amir Sawawi diplot sebagai Camat Palakka. Camat Kajuara yang selama ini dijabat sementara Muh Zainal SE, kini digantikan A Nuramin (Mantan Kepala Kantor Ketahanan Pangan).
Mutasi jabatan juga menyentuh lurah seperti Mantan Lurah Pappolo, A Syamsul Alam diangkat menjadi Kabid Tata Kota di Dinas Tarkim, Lurah Biru, A Supriadi jadi Sekcam Mare.
Mantan Kepala Pengelola Kebersihan A Haidar bergeser sebagai Sekretaris DInas Ketahanan pangan sedangkan Mantan Sekcam Tanete Riattang A Padauleng menjadi Kabid Kebersihan.

 

To Top