Bupati Ke Rusia, Sejumlah Agenda Terpaksa Ditunda – Radar Bone

Radar Bone

Berita Utama

Bupati Ke Rusia, Sejumlah Agenda Terpaksa Ditunda

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE–Jadwal Bupati Bone, HA Fahsar M Padjalangi bersama lima pejabat lainnya ke Moskow Rusia, berdampak pada rencana mutasi pejabat eselon 2. Mutasi yang sedianya mulai bergulir Senin 29 Juli mendatang, harus ditunda.

Setumpuk Pekerjaan Rumah (PR) Bupati Bone, HA Fahsar M Padjalangi, mulai infrastruktur jalan yang rusak hingga pengisian jabatan lowong yang mendesak, menghadapi pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Perubahan 2019 dan RAPBD Pokok 2020. Nyatanya, ditengah persoalan yang mendesak untuk segera diselesaikan, bupati bersama Sekda, HA Surya Dharma dan empat pejabat lainnya, malah menjadwalkan pelesiran ke Moskow Rusia.

Bupati bersama rombongan dijadwalkan bertolak ke Rusia pada Senin 29 Juli mendatang.
Sekda Bone, HA Surya Dharma mengaku, para pejabat yang akan ke Rusia telah mengantongi izin dari Kementerian Dalam Negeri. Hanya saja, Sekda tak mampu memperlihatkan bukti izin dari Kemendagri dimaksud.

“Izin dari Kemendagri sudah ada sisa izin dari Sekretariat Negara. Insya Allah hari ini sudah ada,” ungkap Surya kepada RADAR BONE, Jumat 26 Juli kemarin.

Agenda pejabat di Moskow Rusia lanjut Sekda, untuk menghadiri festival Indonesia keempat tanggal 2 sampai 4 Agustus mendatang. Penelusuran RADAR BONE melalui laman Kementerian Luar Negeri (Kemlu.go.id), penyelenggaraan Festival kali ini untuk menyongsong peringatan 70 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia dengan Rusia pada 3 Februari 2020.

Di Festival itu lanjut Sekda, akan menampilkan pameran berbagai produk Indonesia, seperti kopi, pakaian, aksesoris, kuliner nusantara, kerajinan, dan lainnya. Pada Festival akan dipersembahkan juga berbagai pagelaran seni dan budaya dari berbagai daerah Indonesia, baik lagu, tarian, maupun permainan alat musik, termasuk gamelan dan wayang kulit. Selain itu, Festival akan dimeriahkan juga oleh master class tari dan alat musik tradisional, workshop batik, pameran foto tentang Indonesia, kelas BahasaIndonesia, fashion show dari para desainer Indonesia, cooking class masakan/kuliner nusantara, barista kopi Indonesia, dan lainnya.

“Jadi ini momen yang sangat tepat bagi Dinas Pariwisata dalam mempromosikan obyek wisatanya,” tukasnya.

Soal mutasi lanjut Surya, dijadwalkan setelah Bupati Bone tiba dari Rusia. “Untuk mutasi kemungkinan besar baru bisa kita laksanakan Agustus bulan depan. Rencana awalnya 29 Juli, tapi kita lihat itu tidak memungkinkan,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bone, A Ikhwan Burhanuddin mengaku, kunjungan ke rusia dianggarkan Rp400 juta lebih. “Di Sulsel, hanya Bone yang diundang. Ada 8 provinsi yang diundang ke festival itu. Selain Sulsel yang diwakili Kabupaten Bone, provinsi lainnya yang diundang diantaranya Irian Jaya, Yogyakarta serta Aceh,” tukasnya.

Selain dirinya dan bupati, pejabat yang turut serta ke Moskow Rusia lanjut Ikhwan, yakni Sekda Bone, HA Surya Dharma, Kepala BPKAD, A Fajaruddin, Kepala Dinas Pertanian, H Sunardi Nurdin dan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, A Akbar.

Diperoleh informasi, para pejabat ini juga membawa istri dalam lawatan ke negara di Eropa Timur itu. Berdasarkan penelusuran RADAR BONE dari lama tiket.com, harga tiket ke Rusia jika menggunakan pesawat Turkishairlines, untuk sekali transit mencapai Rp17.909.300. Sementara jika dua kali transit, harga tiket lebih mahal lagi, mencapai Rp50.865.700 per orang.

Sementara untuk Malaysia Airlines, harga tiket yang ditawarkan sebesar Rp20 juta lebih. Untuk pesawat Garuda Indonesia, berdasarkan penelusuran melalui laman Traveloka, pesawat harus transit di Lufthansa wilayah Jerman, yang harga tiket ke wilayah itu mencapai Rp14.427.200.
Bone lanjut Ikhwan diundang, setelah banyak warga dari luar melihat potensi pariwisata daerah ini yang menjanjikan.

“Kita memang getol mempromosikan pariwisata melalui media sosial. Itu yang menjadi salah satu dasar Bone diundang ke festival di Moskow Rusia,” imbuhnya.

Praktisi sosial, Rahman Arif mengkritik rencana pelesiran para pejabat Pemkab Bone tersebut di Moskow Rusia.

“Apa pentingnya festival itu untuk diikuti. Kalau dipastikan setelah lawatan ini, pariwisata di Bone menggeliat dengan meningkatnya jumlah wisatawan mancanegara berkunjung di Bumi Arung Palakka, tidak ada masalah. Tetapi jika kunjungan itu hanya sekadar jalan-jalan, saya kira lawatan ke eropa timur ini hanya pemborosan anggaran,” kritik Rahman.

Harusnya bupati lanjut Rahman, berpikir keras bagaimana persoalan-persoalan layanan publik yang selama ini dikeluhkan masyarakat bisa segera dituntaskan.

“Kalau hanya sekadar menghadiri pameran itu, apa manfaatnya untuk daerah ini,” kuncinya.
Sementara itu, Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta agar gubernur, wali kota, maupun bupati agar tak sering melakukan perjalanan dinas karena negara sedang defisit. Hal itu diungkap JK saat menghadiri Indonesia Internasional Smart City Expo and Forum (IISMEX) Jakarta 2019, yang dihadiri pejabat dan kepala daerah, di JCC Jakarta, Rabu 17 Juli lalu.

“Memang bulan-bulan akhir ini terlalu banyak upacara, kegiatan. Minta maaf mengganggu saudara bupati, gubernur. Jadi sudah saya minta seperti dikatakan Mendagri, nanti digabung-gabung (acaranya),” ujar Jusuf Kalla dikutip dari Kompas.com.

Lama lainnya dikutip dari Kompas.com, Menteri Dalam Negeri ( Mendagri) Tjahjo Kumolo menyebut, ada gubernur yang hampir setiap pekan mengajukan izin ke luar negeri. Karena itu, Kemendagri mengeluarkan Surat Edaran Nomor 009/5546/SJ yang mengatur perjalanan dinas kepala daerah.

Surat edaran yang ia keluarkan juga mengharuskan kepala daerah berkoordinasi dengan Sekretariat Negara dan Kementerian Luar Negeri saat melakukan perjalanan dinas luar negeri. Selain itu, gubernur dan wali kota atau bupati harus menjelaskan detail tujuan dinas luar negerinya beserta anggaran yang dihabiskan.

“Harus kontak dengan Kemenlu juga, harus dengan Setneg juga. Boleh kita ke luar negeri. Ada minimum, prosesnya jelas. Untuk apa, keperluan apa. Undangan apa. Anggaran berapa. Rombongannya enggak boleh lebih dari lima maksimum,” ucap dia.

*

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top